Sabtu, 16 Oktober 21

KPK dan Setya Novanto Sama-sama Yakin Menang Praperadilan

KPK dan Setya Novanto Sama-sama Yakin Menang Praperadilan
* Setya Novanto usai diperiksa KPK.

Jakarta, Obsessionnews.com – Sidang praperadilan Ketua DPR Setya Novanto atas penetapannya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan diputuskan pada Jumat (29/9/2017) sore ini.

Sidang akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan hakim tunggal Cepi Iskandar pada pukul 16.00 WIB. Baik Setya Novanto maupun KPK sama-sama optimis akan memenangkan praperadilan.

“Insya Allah, dengan bantuan doa dan rahmat Allah Swt, permohonan praperadilan pemohon (Setya Novanto) ditolak hakim, demikian doa dan keyakinan kami,” ujar Kepala Biro Hukum (KPK) Setiadi melalui pesan singkat, Jumat (29/9).

Ia menegaskan bahwa menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka korupsi e-KTP telah sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. “Ada fakta hukum, ada bukti permulaan, dan ini didukung oleh sekitar 270 dokumen, surat, rekaman, dan keterangan ahli,” katanya.

Dari semua bukti yang diberikan ia menganggap penetapan tersangka Setya Novanto sudah sah. Ia hanya menyayangkan langkah Hakim Cepi menolak mengizinkan pemutaran rekaman pada sidang Rabu kemarin. Padahal, rekaman yang diambil pada 2012 lalu itu bisa menunjukkan siapa-siapa saja yang sejak awal terlibat dalam merancang korupsi e-KTP.

Sementara itu, Kuasa hukum Setya Novanto, Agus Trianto menegaskan, proses penetapan kliennya sebagai tersangka cacat hukum karena tidak melalui prosedur yang benar. Ia merasa sudah memaparkan berbagai argumen dan bukti di sidang praperadilan. Ia optimis Hakim Cepi mengabulkan gugatan kliennya.

“Permohonan kami sepatutnya dikabulkan karena kami meyakini telah berhasil membuktikan apa yang menjadi dasar dan alasan permohonan,” tandasnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.