Jumat, 3 Februari 23

KPK dan KPU Siap Cegah Caleg Koruptor

KPK dan KPU Siap Cegah Caleg Koruptor
* Ketua KPK, Agus Rahardjo.

Jakarta, Obsessionnews.com – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menyatakan perlu aturan untuk mencegah munculnya kandidat calon anggota legislatif (caleg) yang berstatus mantan narapidana korupsi. Aturan itu dibuat dengan merevisi UU Pemilu yang ada.

Pernyataan itu disampaikan Agus sekaligus sebagai dukungan terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menginginkan aturan pemilu direvisi, untuk melarang caleg yang berasal dari mantan terpidana kasus korupsi.

“Pada prinsipnya kami mendukung peraturan yang melarang menjabat caleg yang terkait tipikor (tindak pidana korupsi),” kata Agus di Jakarta, Selasa (3/4/2018).

Agus mengaku sudah bertemu dan berdiskusi dalam acara di Surabaya dengan pimpinan KPU. Tetapi, hal ini akan didiskusikan secara bersama kembali lebih mendalam.

“Nanti kita perdalam diskusi itu yang memungkinkan KPK memberikan dukungan, karena kalau ternyata kita mendukungnya pada waktu dan pada kesempatan yang salah, mungkin juga tidak akan bergema, jadi kita kordinasikan dengan KPU,” ujar Agus.

KPK siap memberikan dukungan apa saja yang dibutuhkan KPU. Termasuk bila diajak bersama dalam melakukan aksi menyuarakan tolak caleg koruptor.

“Jadi prinsipnya kita sangat mendukung, dan nanti kita akan diskusi dengan KPU,” tandasnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.