Senin, 27 Juni 22

KPK Belum Temukan Bukti Keterlibatan Pejabat lain di Kementerian ESDM

KPK Belum Temukan Bukti Keterlibatan Pejabat lain di Kementerian ESDM

Ketua KPK, Abraham Samad (ist).

 

Hasan S

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memerlukan keterangan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik guna menuntaskan kasus penyuapan di tubuh SKK Migas. Sebab itu, Jero Wacik akan segera dipanggil dalam waktu yang tidak lama lagi.

“Bahwa tidak menutup kemungkinan akan dilakukan pemanggilan terhadap orang-orang yang menurut penyidik diperlukan keteranganya, termasuk Jero Wacik,” tutur Ketua KPK Abraham Samad di gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (21/8/2013).

Abraham Samad mengatakan KPK belum menemukan bukti kuat bahwa ada keterlibatan pejabat di Kementerian ESDM. Beberapa dokumen yang disita saat melakukan penggeledahan di kantor ESDM dan SKK Migas hingga kini masih diverifikasi.

“Jadi KPK sudah melakukan penggeledahan dan penyitaan di SKK Migas dan ESDM. Dari hasil dokumen maka tahapan selanjutnya adalah verifikasi dan pendalaman fakta dokumen,” tambah Abraham.

Nama Menteri ESDM Jero Wacik disebut-sebut terlibat dalam dugaan kasus suap yang dilakukan Kepala SKK Migas nonaktif, Rudi Rubiandini. Apalagi, KPK berhasil menemukan uang dalam pecahan dolar AS sebesar US$200 ribu atau Rp2 miliar lebih di ruang Sekjen ESDM Waryono Karno.

Berbagai sumber menyebutkan, pengakuan Rudi Rubiandini saat diperiksa KPK mengatakan, uang tersebut bukan untuk Sekjen ESDM, melainkan titipan untuk Jero Wacik yang juga petinggi Partai Demokrat.

Terpisah, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik membantah tudingan tersebut. Jero juga membantah pernyataan yang menyebut uang suap Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini turut mengalir untuk mendanai konvensi Partai Demokrat.

Jero menegaskan uang suap sebesar 700 ribu dollar AS dari Kernel Oil Pte Ltd itu tidak berhubungan dengan rencana penjaringan calon presiden Demokrat. “Tidak ada kaitan dengan partai, tidak ada urusannya sama sekali dengan Partai Demokrat,” aku Jero.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.