Senin, 17 Januari 22

KPK Banyak Lakukan OTT, Firli Bahuri: Kok Korupsi Masih Ada Terus

KPK Banyak Lakukan OTT, Firli Bahuri: Kok Korupsi Masih Ada Terus
* Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri saat saat membuka seminar nasional bertemakan Transformasi Perizinan Berbasis Risiko dalam Perizinan Tambang yang disiarkan secara langsung melalui akun YouTube KPK RI, Rabu (1/12/2021). (Foto: tangkapan layar/YouTube KPK)

Jakarta, obsessionnews.comKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK) betul-betul konsentrasi dalam hal pemberantasan korupsi, sehingga lembaga antirasuah ini harus mencari strategi jitu untuk memberantas pelaku korupsi.

Sementara itu, Ketua KPK Firli Bahuri sendiri mengaku bingung soal pemberantasan korupsi di negeri ini. Pasalnya, meski KPK sudah banyak melakukan Operasi Tangkap Tangan ( OTT ), tapi korupsi masih tetap ada.

“Penangkapan sudah banyak, OTT ada, tapi korupsi masih ada terus,” kata Firli saat membuka seminar nasional bertemakan Transformasi Perizinan Berbasis Risiko dalam Perizinan Tambang yang disiarkan secara langsung melalui akun YouTube KPK RI, Rabu (1/12/2021).

Lalu dia merumuskan tiga strategi untuk melakukan pemberantasan korupsi. Tiga strategi tersebut yakni, melalui upaya pendidikan masyarakat, pencegahan, dan penindakan.

“Termasuk kegiatan hari ini, ini adalah upaya pendidikan masyarakat dan pencegahan tindak pidana korupsi. Kenapa kalimat melakukan pendidikan masyarakat menjadi penting? Karena satu landasannya ada satu, kita ingin ikut mencerdaskan kehidupan bangsa,” katanya.

Menurut Firli, pendidikan masyarakat penting untuk pemberantasan korupsi. Ada nilai-nilai yang harus ditanamkan untuk membangun karakter budaya antikorupsi. Dengan adanya karakter yang disebutkan tadi, maka akan timbul budaya antikorupsi.

“Budaya antikorupsi akan berubah menjadi peradaban antikorupsi. Jadi kita ingin mengubah bagaimana sikap perilaku, sehingga orang tidak ingin melakukan korupsi. Itu pencegahan,” jelasnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.