Sabtu, 18 September 21

KPK Akui Sulit Usut Kasus Pelindo II

KPK Akui Sulit Usut Kasus Pelindo II

Jakarta, Obsessionnews – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku tidak mudah mengusut kasus dugaan korupsi PT Pelindo II. KPK belum juga menemukan bukti-bukti yang cukup selama proses penyelidikan yang dilakukan.

KPK membuka penyelidikan kasus pengadaan Quay Container Crane (QCC) di PT Pelabuhan Indonensia (Pelindo) II Tahun Anggaran 2010. Namun hingga kini kasus tersebut belum ditingkatkan ke tahap penyidikan.

“Kendalanya ya tiap penanganan kasus kesulitannya menemukan dua alat bukti permulaan yang cukup,” ungkap Plt Wakil Ketua KPK, Johan Budi, di kantornya, Jakarta, Kamis (5/11/2015).

Selama proses penyelidikan, KPK sudah beberapa kali gelar perkara. Tidak cukup itu, penyelidik juga sudah meminta bahan keterangan dan informasi dari berbagai pihak, termasuk Direktur Utama PT Pelindo II RJ Lino.

Ditengah upaya mempercepat penanganan kasus tersebut, operasi tangkap tangan (OTT) sering kali membuat  konsentrasi KPK terbelah. Sementara prioritas KPK harus mengutamakan kasus yang mempunyai bukti-bukti yang lengkap.

“Di luar itu kan ada kasus-kasus lain yang masih dalam proses penyelidikan. Tapi sudah ada gelar perkara. Persisnya kapan saya lupa,” kata Johan.

Untuk diketahui, penyelidikan dalam pengadaan crane di Pelindo II dilakukan setelah ada laporan dari masyarakat sejak akhir 2013. Bahkan, saat itu Johan menyebut bahwa nilai proyek tersebut mencapai puluhan miliar rupiah. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.