Sabtu, 28 Mei 22

KPK akan Limpahkan Berkas Tiga Tersangka Kasus Pajak PT EDMI

KPK akan Limpahkan Berkas Tiga Tersangka Kasus Pajak PT EDMI

Jakarta, Obsessionnews.com – Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK) siap melimpahkan berkas tiga tersangka kasus pemerasan restitusi lebih bayar pajak PT Edmi Meter Indonesia (EDMI) ke tahap penuntutan, setelah berkas mereka dinyatakan sudah lengkap atau P21.

Ketiga tersangka itu yakni, Hery Setiadji merupakan supervisor tim pemeriksa, Indarto Catur Nugroho ketua tim pemeriksa dan Slamet Riyana adalah anggota pemeriksa pajak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kebayoran Baru III.

Dengan demikian, pemanggilan terakhir akan dilakukan sekaligus untuk menandatangani berita acara pelimpahan berkas para tersangka beserta barang bukti ke tahap penuntutan.

“Rencananya kasus pemerasan pajak itu akan dilimpahkan berkas dan barang bukti ke tahap penuntutan,” ujar Kabag Pemberitaan dan Publikasi Media KPK, Priharsa Nugraha di kantornya, Jakarta, Rabu (13/7/2016).

Ketiganya ditetapkan sebagai tersangka karena diduga telah melakukan tindak pidana denga memaksa seseorang untuk memberikan sesuatu, membayar terkait dengan restitusi lebih bayar pajak PPH (Pajak Penghasilan) Badan 2012 dan PPN (Pajak Pertambahan Nilai) masa 2013 dari PT EDMI Indonesia.

Kepada ketiganya disangkakan pasal 12 huruf e UU No 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Modus yang dilakukan ketiganya adalah dengan memaksa PT EDMI membayar sejumlah uang untuk mengembalikan kelebihan bayar pajak. Kasus ini berawal dari penangkapan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan pada April 2014 lalu. PT EDMI Indonesia merupakan anak perusahaan dari PT Ltd asal Singapura yang bergerak di bidang energi dan teknologi. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.