Kamis, 29 September 22

Breaking News
  • No items

KPK Akan Awasi Kejagung Soal Kasus Bus TransJakarta

KPK Akan Awasi Kejagung Soal Kasus Bus TransJakarta

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyerahkan sepenuhnya penanganan kasus korupsi pengadaan bus Transjakarta ke Kejaksaan Agung meski sebelumnya KPK juga pernah menerima pengaduan kasus yang sama dari masyarakat.

Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja mengatakan sesuai perjanjian setiap salah satu lembaga hukum yang sudah terlebih dahulu melakukan proses penyidikan maka lembaga tersebut berkewajiban menangani hingga tuntas. Hal yang sama menurut Adnan juga terjadi dalam pengananan kasus korupsi bus Transjakarta.

“Maka selebihnya bagaimana selanjutnya silahkan tanya kepada Kejagung,” ujar Adnan di sela-sela peluncuran mobil anti korupsi KPK, Jakarta, Selasa (14/10/2014).

Meski demikian, Adnan mengatakan KPK bisa mempertimbangkan akan melakukan pengawasan atau supervisi terhadap penanganan kasus tersebut. “Akan ada rencana itu tapi jangan berangkat dari apriori dulu,” ucap Wakil Ketua KPK bidang pencegahan itu.

Dalam kasus pengadaan dan peremajaan bus Transjakarta tahun 2013 senilai Rp 1,5 triliun Kejaksaan Agung menetapkan Mantan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Udar Pristono sebagai tersangka, bersama tujuh orang lainnya.

Udar juga ditetapkan sebagai tersangka baru terkait kasus dugaan pengadaan bus gandeng Transjakarta tahun anggaran 2012. Dalam kasus yang sama Kejagung juga telah menjerat anak buah Udar menjadi tersangka. Di antaranya, Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Dishub Pemprov DKI Gusti Ngurah Wirawan, dan mantan pegawai Dishub DKI Hasbi Hasibuan. (Has)

 

Related posts