Jumat, 22 Oktober 21

KPI Tegur Keras RCTI Akibat Ulah ‘Si Bebek Nungging’

KPI Tegur Keras RCTI Akibat Ulah ‘Si Bebek Nungging’
* Zaskia Gotik.

Jakarta, Obsessionnews – Akibat berulah, Zaskia Gotik menerima banyak kritikan dan hujatan. Tak Cuma di-bully netizen, akibat ulah si pemilik goyang itik tersebut, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengeluarkan teguran keras kepada stasiun televisi swasta RCTI.

KPI melayangkan teguran tertulis pada RCTI atas program ‘Dahsyat’ yang menayangkan pelecehan dan penghinaan lambang negara oleh Zaskia Gotik.

“Apa yang dinyatakan Zaskia dalam acara itu sangat menghina dan melecehkan kehormatan lambang negara. Yang bersangkutan juga tidak menghargai sejarah perjuangan Bangsa Indonesia dengan berkata tidak layak,”kata Koordinator Bidang Isi Siaran KPI Pusat Agatha Lily, Kamis (17/3/2016).

Di hadapan beberapa perwakilan RCTI, Lily menegaskan bahwa banyak artis yang sering salah bicara dan melakukan pelanggaran, sehingga sangat riskan kalau disiarkan secara live.

Lily mengatakan, KPI tetap mengambil langkah tegas dengan menjatuhkan sanksi kepada acara ‘Dahsyat’, meskipun Zaskia Gotik sudah meminta maaf. Sanksi teguran akan disampaikan KPI Pusat ke RCTI.

“Ini merupakan teguran terakhir, jika pelanggaran kembali terjadi makan program tersebut akan kami hentikan kembali,” tegas Lily.

Atas ulahnya itu, Zaskia terancam pidana penjara dan denda. Hal tersebut diatur dalam Undang-Undang No 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan Pasal 68.

Pada Undang-Undang No. 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan Pasal 57 disebutkan bahwa setiap orang dilarang mencoret, menulisi, menggambari, atau membuat rusak Lambang Negara dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Lambang Negara.

KPI pun mengaku menerima cukup banyak pengaduan masyarakat akan hal tersebut.

Sebelumnya, pada Rabu (16/3/2016) ‘Dahsyat’ yang ditayangkan RCTI menampilkan segmen ‘Cerdas Cermat Bersama Cecepy’ dengan peserta Ayu Ting Ting, Julia Perez, dan Zaskia Gotik. Pada permainan yang dipandu Deny Cagur tersebut, Zaskia melakukan sejumlah kesalahan.

Saat Deny Cagur melemparkan pertanyaan kapan tanggal Proklamasi, Zaskia malah menjawab: ’setelah adzan subuh dan tanggal 32 Agustus. Selain itu ketika diberi pertanyaan apa lambang dari Pancasila sila ke 5, dijawab oleh Zaskia Gotik, ‘bebek nungging’.

KPI Pusat menilai jawaban-jawaban tersebut menghina dan merendahkan kehormatan lambang negara serta melecehkan sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas norma kesopanan, perlindungan anak-anak dan remaja, penggolongan program siaran, serta penghormatan terhadap lambang negara. (Fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.