Kamis, 23 September 21

KPA Arkadia Daki Gunung Tertinggi di Timteng

KPA Arkadia Daki Gunung Tertinggi di Timteng
* Pelepasan simbolik para atlet Ekspedisi Raya Arkadia

Jakarta – Kelompok Pecinta Alam (KPA) Arkadia, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta melaksanakan pelepasan para atlet Ekspedisi Raya Arkadia yang akan berangkat ke gunung tertinggi di Timur Tengah, Gunung Damavand, Iran, di Auditorium Harun Nasution, UIN, Selasa (2/5/2017). Para Atlet sendiri akan berangkat pada 7 Mei mendatang dan kembali ke Indonesia pada 29 Mei.

Pendakian ini menjadi simbol penyambutan ulangtahun ke-60 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Organisasi yang berdiri pada 2 Oktober 1989 ini memilih tema “Muhibbah Titian Perdamaian” sebagai representasi momentum kelahiran dari makna simbol kasih dan sayang antar sesama umat manusia. Tidak hanya itu, KPA Arkadia merasa bahwa akademisi juga harus ambil bagian alam kampanye perdamaian antar umat manusia.

Ekspedisi yang akan dilakukan pada 16-22 Mei ini bukan sekadar trip wisata gunung es semata. Selain pendakian gunung es, kegiatan ini mencakup juga seminar, pameran foto, dan promosi Indonesia di kancah internasional pada 10-14 Mei.

Latar belakang KPA Arkadia memilih Gunung Damavand dikarenakan adanya kesamaan kultur islamnya dan merupakan gunung tertinggi di Iran. Alasan lain adalah adanya kedekatan antara negara Iran dengan kampus mereka, UIN, termasuk adanya Iranian Corner (pusat kajian tentang iran yang berada di UIN) yang banyak membatu memberi informasi.

Selain melakukan ekspedisi, pendakian kali ini juga mengemban misi untuk mencetak rekor dengan membentangkan bendera merah putih berukuran 10×15 meter pada ketinggian 5671 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Dihadiri oleh Dede Rosyada, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Kapolri Tito Karnavian, proses pelepasan atlet ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Airin Rachmi Diany selaku Walikota Tangsel yang juga hadir dalam prosesi tersebut.

KPA Arkadia sendiri merupakan organisasi yang memiliki fokus keorganisasian, advokasi dan konservasi lingkungan, search and rescue (SAR), kemanusiaan dan sosial masyarakat, penjelajahan adat dan budaya, dan yang terakhir adalah kegiatan alam bebas yang mencakup mendaki gunung, menyusuri goa, arung jeram, panjat tebing, dan menyelam. Anggota-anggota yang terdaftar di KPA Arkadia meruapakan para mahasiswa yang mengenyam pendidikan di UIN Jakarta. (Indah)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.