Kamis, 23 September 21

Kotak Suara di Semarang Siap Distribusi

Kotak Suara di Semarang Siap Distribusi

Semarang, Obsessionnews – Sebanyak 2635 kotak suara saat ini sedang melalui tahap penyusunan oleh KPU Kota Semarang. Rencananya, logistik Pilkada berupa kotak suara tersebut bakal didistribusikan mulai Minggu 22 November mendatang.

Sebagaimana pernyataan Kepala Sub Bagian (Kasubag) Umum KPU Kota Semarang, Tobirin yang menyatakan penyaluran kotak suara disesuaikan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada untuk Pemilihan Walikota (Pilwakot) Semarang 2015.

“Untuk saat ini masih persiapan dan pengecekan seperti engsel kotak, kunci dan lain-lain. Kotak suara yang ada nantinya ada tambahan 48 untuk didistribusikan di tingkat Kecamatan,” kata dia saat ditemui obsessionnews.com di kantor KPU Kota Semarang, Rabu (18/11/2015).

Selanjutnya, tahapan surat suara dicetak pada tanggal 21-22 Nobember. Dilanjutkan tahap sortir 23-24 dan tahap pelipatan surat suara 25-26 November. Sedangkan finishing dan packing dilakukan pada 27 November yang kemudian disalurkan keesokan harinya. Seluruh tahap pelipatan dan sortir dilakukan di PT Pura Barutama, Kabupaten Kudus.

“Surat suara berjumlah 1.136.772 sudah termasuk include 2,5 persen. Sedangkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Semarang yakni 1.109.045 pemilih,” jelas dia.

Terpisah, Staf Sekretariat KPU Kota Semarang, Daryanto mengaku pihaknya telah menyusun kotak suara sejak akhir Oktober lalu. Hingga sekarang penyelesaian kotak suara melebihi target yang ditentukan yakni 2726 kotak suara. Penyusunan sendiri dilakukan di tempat berbeda. Artinya, tidak dilakukan di kantor KPU Kota Semarang. Yakni di gudang KPU yang berada di Jalan Ronggolawe, Semarang Barat.

“Memang kita lebihkan. Tujuannya, ketika kotak suara itu rusak ketika pengiriman bisa langsung diganti,” ucapnya.

Terkait bilik suara, dia menyatakan siap distribusi. Namun, jumlahnya lebih banyak empat kali lipat. Sebab, tiap TPS akan diisi empat bilik dan satu kotak suara. “Untuk distribusinya kita sudah siap, tunggu perintah saja,” tegasnya.  (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.