Jumat, 22 Oktober 21

Kota Industri Baru Dibangun di Sumbar

Kota Industri Baru Dibangun di Sumbar
* Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno

Padang, Obsessionnews – Pemerintah pusat dalam tahun ini akan membangun kota industri baru di Sumatera Barat (Sumbar), tepatnya di Kabupaten Padang Pariaman.

“Kita mendapat peluang dari Menteri Perindustrian untuk membuat kota industri baru,” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno usai rapat perdana bersama Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni dan kepala dinas terkait, Senin, (2/3).

Kota industri baru tersebut akan dibangun di atas lahan 10.000 ha di kawasan Duku-Sicincin. Total luas areal yang digunakan pada tahap awal disiapkan Bupati Padang Pariaman seluas 5.000 hektar. Kota industri itu intinya adalah industri kreatif padat teknologi dan IT.

Lokasi kota industri baru berdekatan dengan stadion utama yang berbatasan dengan kantor Bupati Padang Pariaman di Paritmalintang.

“Dalam minggu ini akan dicek ke lapangan. Mudah-mudah tidak termasuk daerah konservasi, karena berada di pinggir hutan,” kata Irwan.

Ia menambahkan, anggaran pembangunan kota industri baru, termasuk pembebasan lahan, berasal dari APBN.

“Kalau minggu depan sudah bisa didaftarkan, maka dalam APBN-P sudah masuk dalam program pembangunan nasional. Jika belum masuk dalam APBN-P, maka tahun depan dianggarkan dalam APBN dan hal itu tidak masalah,” ujar Irwan. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.