Selasa, 29 November 22

Kota Bandung Masuk 775 Desa Sadar Hukum di Indonesia

Kota Bandung Masuk 775 Desa Sadar Hukum di Indonesia

Bandung, Obsessionnews – Walikota Bandung Ridwan Kamil menerima penghargaan Anubhawa Sasana Kelurahan dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia di Aula Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Rabu (19/8). Penghargaan diberikan oleh Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional, Enny Nurbaningsih.

Penghargaan tersebut merupakan salah satu bagian dari peresmian desa atau kelurahan sadar hukum Provinsi Jawa Barat. Ada sekitar 775 desa/kelurahan sadar hukum yang diresmikan.

Jumlah tersebut tercatat dalam sejarah Kementrian Hukum dan HAM sebagai junlah peresmian terbesar di Indonesia.

Emil Hk2

Menurut Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Jawa Barat, Agus Anwar, penentuan desa/kelurahan sadar hukum didahului dengan pembinaan kepada 1351 desa/kelurahan dari 27 Kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat.

Penilaian melibatkan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Jabar, Kejaksaan Tinggi, BNN, BPLH dan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa.

Emil Hk3

“Setelah itu dilakukan evaluasi oleh Tim Penilai dengan mengunjungi seluruh Kabupaten/kota di Jabar yang telah dibina lalu dilakukan penelitian terhadap seluruh dokumen dan akhirnya ditetapkan sebanyak 775 desa dan kelurahan,”ujarnya

Adapula kriteria penilaian terhadap desa/kelurahan sadar hukum mencakup, pelunasan PBB mencapai 90 persen, tidak terdapat perkawinan dibawah usia, rendahnya tingkat kriminalitas, angka putus sekolah dan penggunaan narkoba serta tingginya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan hidup. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.