Kamis, 29 September 22

Korupsi Eks Bupati Sampang Rugikan Negara Rp16 Miliar

Korupsi Eks Bupati Sampang Rugikan Negara Rp16 Miliar

Jakarta – Kejaksaan Agung akhirnya melakukan Penahanan terhadap mantan Bupati Sampang Noer Tjahja. Ia diduga keras terlibat dalam kasus korupsi pengelolaan alokasi gas Pemerintah Kabupaten Sampang yang melibatkan PT Sampang Mandiri Perkasa (SMP).

Kepala Subdirektorat Tindak Pidana Korupsi Kejaksaan Agung Sardjono Turin, mengatakan, pada saat menjabat sebagai Bupati tahun 2006-2012, Noer diduga telah menyalahgunakan kewenangannya sebagai penyelenggara negara sehingga merugikan negara mencapai miliaran rupiah.

“Noer diduga menyalahgunakan wewenang ketika menjabat sebagai bupati. Perbuatannya mengakibatkan negara rugi 16 miliar rupiah,” ujarnya, Selasa (14/10/2014).

Pengungkapan kasus ini bermula, saat‎ Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi ‎(SKK Migas) awalnya BP Migas memberikan jatah gas sebesar 14 mbptu ke Kabupaten Sampang. Namun gas itu ternyata tidak dikelola oleh PT Geliat Sampang Mandiri, yang merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Daerah Provinsi Jawa Timur.

Dengan kewenangannya Noer Justru menyerahkan proyek tersebut kepada  PT Sampang Mandiri Perkasa, sebuah perusahaan swasta untuk mengelolanya. Usut punya usut ternyata Noer juga memiliki saham dalam perusahan tersebut, bersama Oetomo dan Muhaimin sebagai Direktur perusahaan.

Padahal, kata Turin, PT Sampang Mandiri Perkasa memiliki masalah di internal yakni dengan tidak adanya kecukupan modal untuk mengelola gas pemerintah.  “Sehingga uang yang harusnya masuk ke BUMD mengalir ke swasta,” ujar Turin.

Dalam kasus ini Noer diduga berperan sebagai pemegang saham. Ia dijerat dengan Pasal 2 dan 3 Undang Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi atas tuduhan melakukan perbuatan dengan memperkaya diri sendiri melalui penyalahgunaan wewenang. “Penahanan mereka untuk 20 hari ke depan,” ‎jelasnya.

Noer sendiri ditetapkan sebagai tersangka, sejak 13 Januari 2014. Selain Noer, penyidik juga melakukan Penahanan terhadap Direktur Utama PT Sampang Mandiri Perkasa Hari Oetomo dan Direktur Sampang Mandiri Perkasa H. Muhaimin di Rumah Tahanan Salemba Cabang Kejaksaan Agung. (Abn)

 

Related posts