Kamis, 26 Mei 22

Korban Virus Corona 425 Tewas di China, 10.990 Sakit, 576 Kritis

Korban Virus Corona 425 Tewas di China, 10.990 Sakit, 576 Kritis
* Pasien virus corona di Wuhan. (PN)

Jumlah korban tewas akibat virus Corona di China meningkat dan mencapai 425 orang, dan kasus corona di China kini bertambah menjadi 19 ribuan. Menurut keterangan petinggi kesehatan China, sebanyak 10.990 penderita virus Corona di Provinsi Hubei tengah dirawat di rumah sakit dan kondisi 576 pasien ini dalam kondisi kritis.

Virus Corona asal Wuhan menyebar di 30 provinsi di China dan menular ke berbagai negara. Di seluruh dunia, 20.400 kasus wabah virus corona yang menyebar di 26 negara.

Komisi Kesehatan Nasional China mencatat 64 orang di Provinsi Hubei meninggal dunia akibat terinfeksi virus corona pada Selasa (4/2). Total korban meninggal dunia bertambah menjadi 414 di daerah pusat penyebarannya di Hubei dan total 425 orang di seluruh China.

Mengutip AFP, penyebaran virus corona dalam sehari di Hubei bertambah 2.345 kasus baru dan total mencapai 3.235 kasus di seluruh China. Pemerintah China mencatat 10.990 pasien dengan 576 lainnya dinyatakan dalam kondisi kritis tengah mendapat perawatan di Hubei.

Penyebaran virus corona yang masif dalam dua bulan terakhir membuat pemerintah China kewalahan memenuhi peralatan medis dan masker. Saat ini masyarakat China kesulitan mendapatkan masker karena sebagian besar buruh pabrik sedang libur Imlek.

Pemerintah sejumlah provinsi besar di China, termasuk Guangdong meminta agar pemerintah pusat membantu menyediakan masker. Mengingat, pemerintah lokal mewajibkan warganya untuk mengenakan masker.

Kapasitas produksi pabrik yang biasanya mencapai 20 juta masker per hari kini hanya menghasilkan sekitar 60 sampai 70 persen. Menurut juru bicara Kementerian Perindustrian China, Tian Yulong, hal itu adalah imbas dari masa liburan Imlek.

“Yang China butuhkan saat ini adalah masker medis, pakaian pelindung dan kacamata pengaman,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying.

Sejumlah negara saat ini memutuskan melarang warga China atau warga asing lainnya untuk memasuki negara mereka. Alasan mereka adalah untuk mencegah penyebaran virus corona.

Sampai saat ini sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Australia, Indonesia, Filipina, Jepang, Singapura dan Selandia Baru mengeluarkan kebijakan tersebut.

China justru mengkritik kebijakan tersebut. Terlebih WHO menyatakan hal seperti itu tidak diperlukan dalam penanganan wabah virus corona.

Corona kini menjadi momok menakutkan di dunia. WHO, badan kesehatan dunia PBB, bahkan mengumumkan status darurat global untuk virus mirip SARS ini.

Meski demikian, China mengklaim tak semua pasien corona meninggal. Dari data pemerintah sebanyak 534 orang dinyatakan sembuh dari virus ini.

Corona menyerang pernapasan. Awalnya penderita terlihat seperti flu dan batuk biasa lalu sesak nafas. Sejumlah vaksin kini dikembangkan untuk mengobati infeksi. (*/CNN/CNBC)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.