Sabtu, 20 April 24

Koramil Bekali Wawasan Kebangsaan Siswa SD

Koramil Bekali Wawasan Kebangsaan Siswa SD

Jember, Obsessionnews – SDN Sukorejo 02 Desa Sukorejo Kec. Sukowono, Jember,  menjadi sasaran pemberian pembekalan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) oleh Babinsa Pelda Mulyono setelah sekolah dasar lainnya pada Kamis (17/12), setelah ulangan semester SD. Uusai koordinasi dengan kepala sekolah akhirnya diberikan waktu untuk memberikan pembekalan Wasbang kepada 60 orang siswa-siswi  di ruang kelas V.

Pelda Mulyono berupaya menanamkan kepada siswa –siswi yang hadir untuk lebih mencintai tanah airnya, bahkan dijelaskan sepintas sejarah bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaannya hingga saat ini dapat kita nikmati bersama.

Ia memaparkan, bagaimana para pahlawan berjuang dengan gigihnya dengan mempertaruhkan jiwa raganya dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia, hingga mengingatkan adik-adik untuk lebih giat belajar sehingga mampu  bermanfaat bagi dirinya, keluarga dan Bangsa Indonesia nantinya, sebagai wujud perjuangan dalam mengisi kemerdekaan.

Koramil - siswa SD 2

Menurut Danramil 0824/04 Sukowono Kapten Inf Norman Heru S, kegiatan ini merupakan program Kodim 0824 dalam memantapkan rasa cinta tanah air dan Bela Negara masyarakat khususnya anak-anak sebagai generasi penerus  dengan membekali kiat-kiat khusus dalam materi tersebut.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Muhammad Nas menerangkan, bagian dari serbuan teritorial adalah pemberian wasbang kepada semua elemen masyarakat utamanya generasi muda dalam menanamkan rasa cinta tanah air dan bela negara, secara terus menerus sepanjang tahun baik oleh Kodim maupun Koramil.

Hal ini menurutnya, dapat dikaitkan dengan program revolusi mental,  khususnya dalam memberikan landasan moral khususnya generasi penerus kita, utamanya di era global seperti sekarang ini yang sudah mulai meluntur nilai-nilai tersebut dan mengancam rapuhnya pertahanan NKRI.

Koramil - tani

Babinsa Koramil dan Kelompok Tani Lancarkan Irigasi
Wilayah Kecamatan Gumukmas merupakan salah satu penghasil padi sepanjang tahun di Kabupaten Jember, karena suplai air irigasinya selalu lancar meski di musim kemarau. Namun guna meningkatkan kualitas hasil pertanian, perlu adanya perawatan saluran irigasi khususnya untuk pengairan sawah maupun pembuangan sehingga dapat berjalan dengan lancar.

Untuk itu, Babinsa Gumukmas Sertu M Suja’i, PPL dan 47 orang anggota Kelompok Tani Sido Makmur sepakat untuk melaksanakan karya bakti pada Selasa (16/12), dengan sasaran saluran irigasi sawah dan saluran pembuangan sepanjang 300 meter yang terletak di Dusun Jatiagung Desa Gumukmas yang berpotensi mengairi 120 ha lahan sawah.

Ketua Kelompok Tani Sido Makmur Muhtar menyambut baik Babinsa bersama anggota Koramil 0824/20 Gumukmas yang telah membantu pembersihan saluran irigasi ini. “Dengan pendampingan TNI melalui Babinsa bersama PPL ini benar-benar memberikan motivasi tersendiri bagi kami,” ujarnya.

Koramil - tani2

Menurut Danramil 0824/20 Gumukmas, pihaknya mengerahkan Babinsa bersama anggota untuk membantu sekaligus sebagai kegiatan karya bakti Koramil guna merawat dan melancarkan saluran air baik saluran untuk irigasi sawah maupun pembuangannya yang diharapkan dapat berjalan lancar dan meningkatkan produktifitas pertanian di musim panen.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Muhammad Nas SIP menyatakan, semua anggota di jajarannya tersebut diinstruksikan untuk lebih giat mendampingi petani, melakukan langkah-langkah dan koordinasikan dengan baik apabila terdapat kendala di lapangan. “Bantu petani apabila mengalami kesulitan dalam mengelola lahannya, sehingga produktifitas pertanian dapat ditingkatkan dalam rangka menunjang program ketahanan pangan,” pintanya. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.