Senin, 18 Oktober 21

Kopi Sumbar Tembus Pasar Mancanegara

Kopi Sumbar Tembus Pasar Mancanegara
* Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno (tengah) mencicipi kopi dalam acara Festival Original Kopi Sumbar Tahun 2015 di Gedung Sapta Marga Korem 032 Wirabraja, Padang, Rabu (18/3/2015).

Padang, Obsessionnews – Kualitas kopi asal Sumatera Barat (Sumbar) tidak kalah dengan sejumlah negara penghasil kopi. Cita rasanya nikmat jika diolah dengan baik. Selain Jakarta dan Yogyakarta, kopi dari Sumbar berhasil menembus pasar mancanegara, antara lain Belanda, Australia dan Thailand. Kopi tersebut berasal dari Air Dingin, Surian, Kabupaten Solok.

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengatakan, kualitas kopi Sumbar sangat bagus. “Bahkan, menurut para pencinta kopi, kopi Sumbar merupakan salah satu kopi yang memiliki cita rasa kopi yang terbaik,” katanya ketika membuka Festival Original Kopi Sumbar Tahun 2015 di Gedung Sapta Marga Korem 032 Wirabraja, Padang, Rabu (18/3).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar terus berupaya melaksanakan pembinaan bagi para kelompok tani yang memproduksi kopi melalui dinas terkait, sehingga pendapatan petani kopi meningkat.

“Kami akan memberikan yang terbaik bagi para kelompok tani kopi, mulai dari tahap menanam, memelihara dan pasca panennya, sehingga ke depan akan menghasilkan produksi kopi yang lebih berkualitas lagi,” ujar Irwan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumbar Fajaruddin mengatakan, peserta yang ikut berpartisipasi dalam Festival Original Kopi Sumbar Tahun 2015 sebanyak 150 orang. Pesertanya terdiri dari 12 kelompok tani dari 6 kabupaten di Sumbar, yakni Solok Selatan, Solok, Tanah Datar, Agam, Pasaman, Pasaman Barat dan 50 Kota. Kegiatan itu diadakan dalam rangka mendorong pelaku kopi untuk meningkatkan daya saing petani kopi. Menghasilkan kopi yang berkualuitas sehingga mempunyai nilai tambah dan daya saing. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.