Jumat, 19 April 24

Koperasi Kopma UGM Raih Penghargaan Koperasi Berprestasi Nasional

Koperasi Kopma UGM Raih Penghargaan Koperasi Berprestasi Nasional
* Koperasi Kopma Universitas Gadjah Mada (UGM)  terpilih menjadi salah satu Koperasi Berprestasi tahun 2018 oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Puspayoga, Selasa (26/6/2018). (Foto: dok. Koperasi Kopma UGM)

Yogyakarta –  Koperasi Kopma Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta,  terpilih menjadi salah satu Koperasi Berprestasi tahun 2018 oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Puspayoga, Selasa (26/6/2018).

Terpilihnya Koperasi Kopma UGM telah disahkan dalam Keputusan Menkop UKM Nomor 21 Tahun 2018 tentang Penetapan Koperasi Berprestasi tahun 2018 yang melibatkan 50 koperasi terpilih dari seluruh Indonesia. Pemilihan ini sekaligus meramaikan pelaksanaan Hari Koperasi yang dilaksanakan setiap 12 Juli.

“Koperasi Kopma UGM dikategorikan sebagai koperasi berprestasi jenis koperasi konsumen bersama 17 koperasi lainnya,” kata Ketua Umum Koperasi Kopma UGM Mohammad Anharulfikri dalam keterangan tertulisnya, Jumat (13/7).

Anhar menyebutkan pencapaian koperasi Kopma UGM dalam pemilihan ini melewati proses yang cukup panjang. Sebelumnya, harus berkompetisi melewati serangkaian seleksi, antara lain seleksi administrasi dan verifikasi lapangan oleh Kemenkop UKM setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi. Adapun kriteria penilaian dalam seleksi ini terdiri dari aspek kelembagaan, aspek usaha, dan aspek keuangan.

“Koperasi Kopma UGM dinyatakan berhasil menjadi satu dari tiga koperasi asal DIY yang mendapat gelar Koperasi Berprestasi 2018,” tuturnya.

Anhar mengatakan, dengan prestasi yang berhasil diraih membuktikan bahwa Koperasi Kopma UGM tidak hanya memiliki usaha dan perolehan sisa hasil usaha (SHU) yang besar saja. Menurutnya, Koperasi Kopma UGM juga mampu menerapkan prinsip-prinsip koperasi, menyejahterakan anggota, karyawan, dan masyarakat, serta tentu memiliki finansial yang kesehatan.

Tidak hanya itu, Koperasi Kopma UGM juga berhasil menunjukkan keunggulannya dengan menjadi pelopor Olimpiade Koperasi Siswa Nasional. Di samping hal tersebut, juga menunjukkan profesionalisme mahasiswa UGM sebagai sumber daya manusia pengelola organisasi.

Bagi Anhar keberhasilan Koperasi Kopma UGM menjadi salah satu koperasi berprestasi adalah sebuah proses panjang. Prestasi ini merupkan hasil kerja kolektif dari banyak era kepengurusan.

“Kemenangan ini adalah milik keluarga besar Kopma UGM, anggota, kepengurusan, alumni, pembina, penasihat, karyawan, dan sivitas academika UGM,” katanya.

Anhar berharap prestasi ini bisa memotivasi keluarga Koperasi Kopma UGM untuk menjadi lebih baik di masa mendatang. Terus berinovasi dan meningkatkan kemanfaatan organisasi ini untuk anggota, warga UGM, serta dunia perkoperasian Indonesia. (Humas UGM/Ika)

 

Baca juga:

Mahasiswa UGM Raih Prestasi di AFMAM 2018

Semangat dan Kegigihan Antarkan Choiriya Kuliah Gratis di UGM

Mengkaji Pengaruh Minuman Suplemen Buah Sirsak Pada Penderita Prehipertensi

Hebat! Mahasiswa UGM Ubah Ceker Ayam Jadi Obat Patah Tulang  

Kevin, Anak Janda Penjual Sandal yang Diterima Kuliah di UGM

Wow…Keren! Mahasiswa UGM Ciptakan Alat Pemanen Teh

FOTO Menteri Desa Lepas Mahasiswa Peserta KKN-PPM UGM

SAKA UGM Sabet Juara Lomba Tari Nusantara 6th PADATARA 2018

Dosen Fakultas Biologi UGM Ikuti Program Magang di University of California

UGM Peringkat 20 Besar Perguruan Tinggi di Asia Tenggara

Ini Kisah Tim UGM Bantu Tangani Gizi Buruk di Asmat

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.