Selasa, 21 September 21

Koperasi dan UKM akan Merambah IT

Koperasi dan UKM akan Merambah IT

Jakarta, Obsessionnews – Koperasi dan UKM akan tampil lebih modern dalam waktu mendatang. Komunitas programmer di seluruh Indonesia yang tergabung dalam PHP Indonesia (Hipertech Processor) berencana akan membantu koperasi dan UKM di seluruh Indonesia menggunakan IT.

“Kita akan membantu mereka membangun sistem manajemen keuangan KUKM secara tersistem. Intinya, agar KUKM melek digital,” ujar Gema Sasmita, salah satu perintis PHP Indonesia kepada wartawan, dalam pembukaan PHP Indonesia Conference 2015 di Jakarta, Selasa (1/12/2015).

Untuk lebih memudahkan hal itu, lanjut Gema, PHP Indonesia yang beranggotakan 90 ribu programmer di seluruh Indonesia akan membentuk sebuah asosiasi bernama Asosiasi Open Source Indonesia.

“Dengan terbentuk asosiasi itu di seluruh Indonesia, akan memudahkan kita untuk mewujudkan koperasi dan UKM yang moderen dengan IT,” katanya.

Sekretaris Kemenkop dan UKM Agus Muharram mendukung gerakan PHP Indonesia untuk membangun IT koperasi dan UKM di seluruh Indonesia. Dikatakannya Koperasi dan UKM harus memiliki sistem bisnis yang memadai dengan IT sehingga bisa berkembang sesuai dengan kemajuan jaman.

“Yang perlu kita ingat adalah masa depan perekonomian kita itu diantaranya ada di tangan young generation yang berjiwa netizen. Jadi, ke depan, bisnis e-commerce memiliki prospek yang cerah,” terang Agus.

Agus menambahkan, bisnis IT ini menjanjikan karena struktur organisasinya mobile dan tanpa memerlukan gedung. Dia mengakui saat ini penjualan lewat sistem online sudah mencapai 41 persen.

“Namun, kelemahan kita selama ini adalah tidak bisa memantain produk dan pelanggan. Padahal, di bisnis e-commerce itu satu unsur yang amat penting,” pungkas Agus. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.