Sabtu, 8 Oktober 22

Koordinator TEGAR: Jokowi Harus ‘Reshuffle’ Kabinet Kerja

Koordinator TEGAR: Jokowi Harus  ‘Reshuffle’ Kabinet Kerja

Jakarta, Obsessionnews – Koordinator Nasional Team Advokasi Gerakan Rakyat (TEGAR) Indonesia, Agus Rihat P. Manalu, menilai penegakan hukum dan hak asasi manusia (HAM) dalam setahun pemerintahan Jokowi-JK masih jauh panggang dari api alias mengecewakan.

“Hukum dan HAM masih jadi komoditas mahal dan langka bagi rakyat Indonesia!” kata Agus dalam keterangan tertulis yang diterima Obsessionnews.com Sabtu (24/10/2015) siang.

Menurutnya, banyak problem di sektor hukum dan keamanan terus bermunculan. Korupsi kian marak, konflik antar institusi berlangsung terbuka, narkoba merajalela, insiden SARA seperti Tolikara, kasus Salim Kancil dan lain-lain, bukti nyata lemahnya kinerja dan koordinasi para menteri pembantu Presiden Jokowi.

Ia menambahkan, rakyat menilai ada intervensi Jaksa Agung HM Prasetyo dalam kasus bantuan sosial (bansos) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) yang ramai dipublikasikan di media massa. Dalam kasus JICT, Menteri Rini Soemarno dan Dirut Pelindo II RJ Lino diduga banyak penyimpangan. Ketika Komjen Pol Budi Waseso (Buwas) melakukan penyelidikan kasus Pelindo malah terpental menjadi korban konspirasi elite busuk.

Dalam pemberantasan korupsi, kata advokat alumnus Universitas Lampung (Unila) tersebut, kian banyak yang ditangkap, misalnya OC Kaligis, Rio Capella, dan Dewie Yasin Limpo. Gayus Tambunan bebas berkeliaran, penjara marak narkoba saat razia BNN, isu jual-beli kasus hukum ramai terdengar, konflik SARA dan lainnya terus terjadi, hingga rakyat kecil seperti Salim Kancil dan Tosan jadi korban saat perjuangkan haknya. Terkini, kebijakan perburuhan RPP Pengupahan akan kembali menuai protes demonstrasi jutaan buruh.

“Janji Jokowi mengenai penegakan hukum, pemberantasan korupsi dan keamanan, tak mampu diterjemahkan dengan baik oleh para menteri. Hukum masih saja tajam ke bawah tumpul ke atas. Jokowi harus mencopot para menteri bermasalah yang menjauhkan cita-cita Trisakti dan Nawacita. Reshuffle Kabinet Kerja atau Indonesia karam!” seru Agus. (Arif RH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.