Kamis, 6 Oktober 22

Konversi BBM ke Gas, Pertamina Operasikan SPB Vi-Gas di Mabes TNI

Konversi BBM ke Gas, Pertamina Operasikan SPB Vi-Gas di Mabes TNI

Jakarta – PT Pertamina (Persero), Selasa (14/10/2014), mulai mengoperasikan Stasiun Bahan Bakar Vi-Gas di lingkungan Mabes TNI Cilangkap sebagai salah satu bentuk dukungan Pertamina dan TNI dalam mewujudkan program konversi BBM dan mengalihkannnya ke Bahan Bakar Gas (BBG).

Pengoperasian SPB Vi-Gas ditandai dengan pengisian perdana Vi-Gas untuk kendaraan operasional TNI oleh Plt Direktur Utama Pertamina Muhamad Husen, Direktur Pemasaran & Niaga Hanung Budya dan Irjen TNI Letjen Syafril Mahyudin di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (14/10/2014).

Pertamina sebagai BUMN energi telah mengembangkan beberapa bahan bakar elternatif untuk dikonsumsi oleh masyarakat, salah satunya adalah LGV (Liquefied Gas for Vehicle) yang dikenal dengan Vi-Gas. Bahan Bakar Gas yang diformulasikan untuk ekndaraan bermotor ini terdiri dari campuran Propane (C3) dan Butane (C4) dengan spesifikasi yang telah disesuaikan untuk keperluan mesin kendaraan bermotor sesuai dengan SK Dirjen Migas No.2527.K/24/DJM/2007.

Dengan Ron > 98, Vi-Gas memiliki berbagai keunggulan jika dibandingkan dengan BBM, yaitu pembakaran yang sempurna dan bebas sulfur sehingga ramah lingkungan. Dengan pembakaran yang sempurna maka mesin pun bebas knocking dan suaranya halus sehingga memperpanjang siklus penggantian pelumas dan umur mesin kendaraan.

Vi-Gas juga memiliki keunggulan lain, seperti efisien dalam hal biaya pembangunan dan pengoperasian stasiun pengisian karena bisa diintegrasikan pada SPBU eksisting. Dengan berbagai keunggulan tersebut maka LGV telah menjadi pilihan banyak konsumen otomotif dunia.

“Jika dilihat dari populasi kendaraan yang mengkonsumsi serta jumlah stasiun pengisiannya, LGV yang di Indonesia dikenal dengan merek Vi-Gas, menempati urutan ketiga bahan bakar transportasi yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia setelah gasoline dan diesel,” tutur Muhamad Husen.

Untuk mendukung pengembangan pasar Vi-Gas di Indonesia, lanjutnya, hingga saat ini Pertamina telah mengoperasikan SPB Vi-Gas di 11 SPBU di daerah Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek) dan 3 SPBU di Bali. Sebagai tambahan, untuk daerah Jabodetabek terdapat 8 SPBU yang sudah siap dioperasikan sebagai SPB Vi-Gas yang baru.

“Peresmian SPB Vi-Gas di Mabes TNI Cilangkap ini juga sebagai salah satu bentuk dukungan langsung Pertamina dan TNI dalam upaya membantu Pemerintah mewujudkan Program Konversi BBM ke Bahan Bakar Gas. Untuk itu, Pertamina juga sudah mempersiapkan dengan baik infrastruktur dari hulu hingga hilir, mulai dari sumber pasokan sampai retail penjualan,” jelas Plt. Dirut Pertamina.  (Pur)

 

Related posts