Rabu, 26 Januari 22

Konsumsi Kolagen secara Rutin untuk Perawatan Kulit

Konsumsi Kolagen secara Rutin untuk Perawatan Kulit
* Mengonsumsi kolagen secara rutin akan melengkapi penggunaan perawatan kulit secara topikal dalam menjaga kesehatan kulit. (Foto: shutterstock)

Jakarta, obsessionnews.com – Kolagen adalah komponen utama kulit yang berperan dalam memperkuat kulit, elastisitas, dan hidrasi. Protein ini paling banyak terdapat di dalam tubuh dan memiliki berbagai fungsi penting, antara lain menyediakan struktur pada kulit, menguatkan tulang, dan membantu pembekuan darah.

Baca juga:

Hati-hati Pilih Produk Perawatan Kulit Meski Alami!

Cara Bikin Kulit Wajah Lembap Tanpa Terasa Lengket

Kolagen merupakan komponen utama dari jaringan ikat yang membentuk beberapa bagian tubuh, termasuk tendon, ligamen, kulit, dan otot.

Tubuh kita memproduksi kolagen secara alami, namun seiring bertambahnya usia, tubuh menghasilkan lebih sedikit kolagen menyebabkan kulit kering. Penelitian menunjukkan jumlahnya di kulit dapat menurun satu persen setiap tahun, yang berkontribusi pada penuaan kulit. Salah satu cara untuk meningkatkan kolagen dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen atau memicu produksinya. Kolagen bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman langsung, bubuk kolagen, dan yang terbaru adalah gummy collagen.

“Banyak yang belum sepenuhnya menyadari bahwa perawatan kulit dari dalam harus dimulai sejak usia muda dan tentunya membutuhkan komitmen jangka panjang agar hasilnya lebih baik,” ungkap Nutrition Expert Rachel Olsen B.Sc beberapa waktu lalu.

Menurut Rachel, mulai dari pertengahan hingga akhir usia 20-an, kolagen mulai berkurang. Kadar kolagen yang menurun menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan tipis, sehingga elastisitas menurun dan menyebabkan munculnya garis-garis halus.

Sama halnya seperti suplemen zat gizi lainnya, fungsi suplemen adalah membantu melengkapi zat gizi yang kurang dari makanan. Apalagi asupan makan harian kita ternyata tidak dapat memenuhi kebutuhan 100% karena adanya pemilihan bahan makanan tertentu dan disertai proses pengolahan yang dapat menyebabkan turunnya kadar zat gizi pada suatu bahan makanan.

Selain pertambahan usia, gaya hidup, seperti kurang tidur, kurang asupan nutrisi dan air, sering terpapar sinar matahari dan polusi udara, merokok, atau konsumsi alkohol juga bisa mengakibatkan kolagen pada kulit semakin berkurang.

Perawatan kulit secara topikal akan jauh lebih baik jika didukung oleh perawatan kulit dari dalam untuk hasil optimal. Kolagen diperlukan dalam struktur kulit dan pertahanan elastisitas kulit. Mengonsumsi kolagen secara rutin akan melengkapi penggunaan perawatan kulit secara topikal dalam menjaga kesehatan kulit. (Angie Diyya)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.