Jumat, 19 April 24

Kongres Perdana Partai Buruh Korut Setelah 36 Tahun

Kongres Perdana Partai Buruh Korut Setelah 36 Tahun
* Parade militer: Kongres ini kemungkinan akan menjadi ajang penetapan generasi baru pemimpin Korea Utara. (BBC)

Pyongyang – Korea Utara (Korut) menggelar kongres partai buruh pertama sejak puluhan tahun, saat pemimpin mereka Kim Jong-un berupaya untuk meneguhkan statusnya dan memetakan visi untuk masa depan.

Ribuan delegasi berkumpul untuk acara yang dirancang untuk menyatakan kebulatan tekad mendukung Kim Kong-un, tak ubahnya upacara.

Seperti dilansir BBC, Jumat (6/5), Kim sudah berada dalam ruangan dan para pengawalnya berbaris di luar lokasi sidang di Pyongyang. Mereka adalah para pengawal pribadinya, dan itulah yang membuat kita tahu bahwa Kim Jong-un ada di sana.

Menjelang kongres, terjadi berbagai peristiwa seperti upaya peluncuran rudal balistik di tengah spekulasi Utara akan melakukan uji coba nuklir kelima. Sanksi PBB terhadap Korea Utara sudah diperketat setelah melakukan uji coba nuklir keempat di bulan Januari, dan tes rudal yang menyusulnya.

Kongres partai pertama sejak tahun 1980 ini diyakini diarahkan untuk mendeklariskan kebulatan tekad menegaskan dukungan pada Kim Jong-un. (BBC)
Kongres partai pertama sejak tahun 1980 ini diyakini diarahkan untuk mendeklariskan kebulatan tekad menegaskan dukungan pada Kim Jong-un. (BBC)

Kongres ini juga kemungkinan akan menjadi ajang penetapan generasi baru pemimpin Korea Utara.

Dalam kongres partai ketujuh, yang pertama sejak tahun 1980, para ahli mengatakan Kim Jong-un kemungkinan akan mengumumkan kebijakannya yang disebut byongjin, yang merupakan upaya berbarengan pembangunan ekonomi dan kemampuan nuklir.

Pemerintah mengizinkan wartawan asing untuk meliput kongres, meskipun gerakan mereka dibatasi dan mereka tidak diizinkan untuk berinteraksi dengan warga biasa Korea Utara. (BBC)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.