Selasa, 30 November 21

Kondisi Warga Sumbar di Yaman Belum Diketahui

Kondisi Warga Sumbar di Yaman Belum Diketahui

Padang, Obsessionnews – Situasi yang memanas di perbatasan Yaman dengan Arab Saudi, Pemerintah Indonesia mengambil langkah cepat engan mengevakuasi wargana negara Indonesia yang ada di negara tersebut.

Dari 4.000 an warga negara Indonesia yang ada di Yaman, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) belum mengetahui bagaimana kondisi 25 warga Sumbar yang ada di Yaman.

“Kita belum mengetahui bagaimana kondisi warga kita yang ada di Yaman,  karena kita belum dapat informasi lengkap,” kata Kepala Biro Administrasi Pembangunan dan Rantau Setdaprov Sumbar, Muhammad Yani disela-sela
Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang dilaksanakan Pemprov Sumbar Senin, (6/4).

Muhammad Yani mengatakan, warga Sumbar yang ada di Yaman rata-rata pelajar dan mahasiswa. Namun Pemprov Sumbar tidak memiliki data pasti karena ketika para pelajar berangkat ke luar negeri, tidak melalui izin resmi dari pemerintah. Mereka belajar ke Yaman melalui yayasan-yayasan yang menjadi perantara dan memvasilitasi mereka bepelajar di negara tersebut.

“Ke depan, Pemprov akan berupaya melakukan komunikasi ke pemerintah pusat atau KBRI di Yaman, untuk memastikan warga Sumbar,” kata M Yani.

Padang1

Sementara itu Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Pemprov Sumbar segera berkoordinasi dengan Kementerian Luar negeri (Kemenlu) untuk pemulangan warga Sumbar yang ada di Yaman.

“Kita akan segera tindaklanjuti melalui Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesangpol) kita dan bekerjasama dengan Kemenlu apa-apa yang perlu kita lakukan,” kata Irwan Prayitno kepada wartawan usai pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang dilaksanakan Pemprov Sumbar Senin, (6/4).

Irwan Prayitno menjelaskan, urusan pemulangan rakyat Indonesia yang ada di Yaman sudah dilakukan Kemenlu. Namun demikian, Pemprov Sumbar akan menindaklanjuti secara teknis usaha apa yang akan dilakukan di daerah.

Pemprov Sumbar lebih lanjut akan mendata masyarakat Sumbar yang ada di Yaman untuk memudahkan koordinasi dengan pejabat berwenang yang ada di negara tersebut. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.