Jumat, 28 Januari 22

Komnas PA: Jokowi Tak Komit Perangi Kejahatan Anak

Komnas PA: Jokowi Tak Komit Perangi Kejahatan Anak

Bogor, Obsessionnews – Ketua Komnas Perlindungan Anak (PA), Arist Merdeka Sirait mempertanyakan komitmen presiden Jokowi dalam memutus mata rantai darurat kejahatan seksual pada anak. Padahal menurut Arist peringatan Hari Anak Nasional 2015 menjadi momentum yang tepat bagi presiden menyampaikan komitmen tersebut.

“Secara substansi saya belum menaruh harapan yang baik pada yang disampaikan bapak presiden termasuk suara anak Indonesia,” ujar Arist usai mendengar pidato presiden Jokowi pada peringatan puncak Hari Anak Nasional di Istana Bogor, Selasa (11/8/2015).

Arist mengatakan dalam kongres anak Indonesia telah melahirkan semangat konkrit misalnya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersam-sama memutus mata rantai darurat kejahatan seksual pada anak, karena faktanya 58 persen pelanggaran terhadap anak itu adalah kejahatan seksual.

“Kedua, ini momennya melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 5 tahun 2014 tentang Gerakan Nasional enentang kejahatan seksual itu,” katanya.

Tadinya dia menaruh harapan ada pesan-pesan yang disampaikan presiden dalam peringatan hari anak tahun ini bagaimana supaya peran semua komponen masyarakat menjaga anak dan membahagiakan dalam lingkup rumah. Jika kalau kekerasan terhadap anak tidak bisa diputus, maka lingkungan ramah anak tidak akan tercapai.

“Tapi saya sebagai komnas perlindungan anak tetap berjuang melawan sampai kapanpun,” lanjut Arist.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin puncak peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2015 di halaman belakang gedung induk, Istana Bogor. Didampingi Ibu Negara Iriana, presiden melakukan dialog dan membuka kuis tanya jawab dengan anak-anak sekolah.

Tanggal 23 Juli pada setiap tahunnya, menjadi tanggal yang istimewa bagi anak-anak Indonesia. Karena pada tanggal tersebut seluruh anak Indonesia merayakan Hari Anak Nasional sebagai momen yang menguatkan posisi dan keberadaannya sebagai generasi penerus.

Meskipun pada tahun 2015 ini puncak peringatan Hari Anak Nasional dilaksanakan bulan Agustus, namun hal tersebut tidak mengurangi antusiasme dan keceriaan anak-anak saat mengikuti acara puncak peringatan Hari Anak Nasional 2015 yang diselenggarakan di Istana Bogor.

Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2015, mengusung tema ‘Wujudkan Lingkungan dan Keluarga Ramah Anak’. Tema yang diangkat tersebut dapat menjadi pengingat dan pendorong bagi segenap komponen bangsa bahwa lingkungan dan keluarga yang ramah anak sangat diperlukan dalam proses tumbuh kembang anak. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.