Rabu, 12 Agustus 20

Komjen Badrodin Haiti, Plt Kapolri yang Minim Prestasi

Komjen Badrodin Haiti, Plt Kapolri yang Minim Prestasi

Jakarta – Komjen Pol Drs. Badrodin Haiti saat ini adalah Pelaksana Tugas Kepala Kepolisian RI (Plt Kapolri). Badrodin mengemban tugas tersebut setelah Presiden Jokowi memberhentikan dengan hormat Jenderal Sutarman. Alih tugas petinggi polri itu dituangkan dalam dua keputusan presiden (Keppres).

Badrodin ditunjuk oleh Presiden menjadi pelaksana tugas (Plt.) lantaran harus menunggu pelantikan Kapolri terpilih Komjen (Pol) Budi Gunawan yang kini menjadi tersangka kasus suap dan gratifikasi KPK.

Pria berumur 56 tahun itu menjabat sebagai Kabaharkam Mabes Polri dari 2 Agustus 2013 hingga pengangkatannya sebagai Wakapolri pada 27 Februari 2014. Ia menjadi orang nomor dua di Korps Bhayangkara menggantikan seniornya, Komjen. Pol. Drs. Oegroseno yang dimutasi sebagai Pejabat Pelanan Markas Polri.

Lahir di Jember, Jawa Timur, pada 24 Juli 1958, Badrodin merupakan alumni terbaik Akademi Kepolsian angkatan 1982 dan meraih penghargaan Adhi Makayasa. Lulus dari Akpol, Badrodin menjabat Danton Sahbara Dit Samapta Polda Metro Jaya tahun 1982.

Setahun kemudian ia menjabat Kapolsek Pancoran Mas Polres Metro Depok di bawah Polda Metro Jaya. Pada 1985, ia dipindahkan ke Timor Timur sebagai Kabag Administrasi di Polres Aileu, sebelum kemudian kembali ke Polda Metro Jaya pada 1990.

Badrodin menjabat Kapoltabes Medan sejak tahun 2000. Tiga tahun kemudian ia pindah ke Polda Jatim sebagai Direktur Reserse dan Kriminal. Posisi Kapolda dijabat sejak tahun 2004 sebagai Kapolda Banten. Setahun di sana, ia menjabat Seslem Lemdiklat Polri.

Pada 2006 ia kembali menjadi Kapolda. Kali ini di Sulawesi Tengah. Ia bertahan di sana hingga dua tahun sebelum ditarik ke Mabes Polri sebagai Direktur I Badan Reserse dan Kriminal. Pada 2009 hingga 2010, Badrodin menjadi Kapolda Sumatera Utara, lalu kembali ke Mabes Polri sebagai Kepala Divisi Hukum. Pada tahu yang sama ia menjadi Kapolda Jawa Timur.

Kembali lagi ke Mabes Polri, pada 2011 ia menjadi Staf Ahli Kapolri. Tahun yang sama Badrodin menjabat Asisten Operasi Kapolri hingga 2013. Sebelum menjabat Wakapolri, Badrodin adalah Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharham).

Dari sekian banyak jabatan yang pernah diemban, keberhasilan Badrodin Haiti dalam menciptakan keamanan di Poso sejak menjadi Kapolda Sulawesi Tengah tahun 2006 merupakan salah satu prestasi yang menonjol dari sekian prestasi lainnya. Di luar itu tidak ada prestasi besar yang ditorehkan Pati Polisi bintang tiga itu.

Riwayat Pendidikan
Akademi Kepolisian (1982)
PTIK (1989)
Sespim (1998)
Lemhanas RI KRA-36 (2003)

Penghargaan
Penerima bintang Adhi Makayasa (1982)
Penghargaan Adhi Wira (1989)
Wibawa Seroja Nugraha sebagai lulusan terbaik Lemhanas (2003).

(Has)

Related posts