Rabu, 25 Mei 22

Komitmen Presiden India Soal HUT ke-70 RI

Komitmen Presiden India Soal HUT ke-70 RI

Obsessionnews – Presiden India, Pranab Mukherjee Shri, memberikan ucapan selamat hari ulang tahun (hut) kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 tanggal 17 Agustus 2015 kepada Presiden RI Joko Widodo, Sabtu malam (16/8). Pranab menjelaskan, sebagai dua negara yang memiliki demokrasi terbesar dunia, India berkomitmen melakukan konsolidasi kemitraan bersama Indonesia.

Dalam pesannya, Pranab mengatakan, ”atas nama Pemerintah, rakyat India dan atas nama saya sendiri, dengan senang hati saya memperpanjang salam hangat dan selamat kepada Pemerintah dan rakyat Indonesia pada kesempatan hari kemerdekaan anda”.

“Kedua negara berbagi hubungan yang hangat dan ramah berdasarkan hubungan sejarah dan budaya kita. Sebagai dua negara demokrasi terbesar di dunia dan ekonomi yang dinamis dengan melengkapi kuat dan tantangan-tantangan bersama, kami telah menjadi mitra alami dalam membangun persahabatan abadi untuk kepentingan kita bersama. Selama bertahun-tahun, kami telah bekerja sama erat dalam semangat kepercayaan dan keyakinan. Saya senang, kerjasama kita telah memperluas di banyak daerah. India berkomitmen untuk melakukan konsolidasi kemitraan kita,” ucapan pesan Pranab, dilansir business-standard.

Selama beberapa tahun terakhir, kedua negara telah membentuk pemahaman dekat pada beberapa bidang utama kerja sama, termasuk melalui beberapa instrumen penting dari kerjasama.

“Ini adalah masalah kepuasan bahwa kita telah mengadopsi lima inisiatif cabang untuk memperkuat kemitraan strategis kami yang meliputi keterlibatan yang kuat strategis, pertahanan dan kerja sama keamanan, kemitraan ekonomi yang komprehensif, hubungan budaya antar rakyat India dan Indonesia, serta kerjasama dalam merespon tantangan-tantangan bersama,” jelasnya.

“Saya mengambil kesempatan ini untuk menyampaikan kepada Yang Mulia keinginan terbaik saya untuk kemajuan lanjutan dan kemakmuran rakyat Indonesia. Secara khusus, saya berharap untuk bekerja dengan anda untuk lebih memperkuat hubungan dekat dan persahabatan antara kedua negara,” tambahnya. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.