Jumat, 27 Mei 22

Komisioner KPU Penuhi Panggilan Penyidik PMJ

Komisioner KPU Penuhi Panggilan Penyidik PMJ
* Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari. (foto: MROL.co)

Jakarta, Obsessionnews.com – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya (PMJ) atas laporan perwakilan Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) terkait dugaan pencemaran nama baik.

Hasyim datang ke Ditreskrimsus Polda Metro Jaya sekitar pukul 11.10 WIB dengan mengenakan baju batik berearna hijau tosca dan di dampingi dengan Biro Hukum Komisi Pemilihan Umum RI.

“Laporan dari PKPI. Saya sebagai anggota KPU dilaporkan sehubungan dengan pada waktu penetapan PKPI sebagai peserta pemilu. Ada panggilan dari kepolisian, ya saya hadir untuk memberikan keterangan,” ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Kamis (31/5/2018).

Dia mengaku belum mengetahui apa yang akan ditanyakan oleh penyidik mengenai pemanggilan ini. Namun, dia menyebutkan menyiapkan pasal-pasal yang akan ditunjukan kepada penyidik. “Ya menyiapkan pasal-pasalnya kita pelajari, kita ikuti apa yang akan dijadikan menjadi pertanyaan dari penyidik,” ucapnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono membenarkan hal tersebut. “Iya benar ,” ujar Argo di Jakarta.

Seperti diketahui, Sekjen PKPI Imam Anshori Saleh melaporkan Komisioner KPU Hasyim Asy’ari ke Polda Metro Jaya pada Senin (16/4). Dalam laporannya tersebut, Hasyim diduga melakukan pencemaran nama baik melalui media elektronik.

Kuasa hukum Imam Anshori Saleh, yakni Reinhard Halomoan mengatakan, laporan ini bersifat atas nama pribadi. Ia menerangkan, pernyataan Hasyim yang menjadi dasar laporannya adalah karena menyebut PKPI bisa gugur menjadi peserta pemilu, jika KPU melakukan upaya banding atau PK (peninjauan kembali) terhadap putusan PTUN. Dalam putusan PTUN, PKPI dinyatakan menang melawan KPU.

Laporan ini diterima Polda Metro Jaya dengan nomor laporan polisi LP/2088/IV/2018/PMJ/Dit Reskrimsus ter tanggal 16 April 2018. Hasyim disangkakan Pasal 27 ayat 3 Jo Pasal 45 ayat 3 UU RI No 19 tahun 2016 perubahan atas UU RI No 11 tahun 2008 tentang ITE dan atau pasal 310 dan 311 KUHP. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.