Kamis, 27 Juni 19

Komisi X DPR Minta Masyarakat Bersinergi Promosikan Wisata Lokal

Komisi X DPR Minta Masyarakat Bersinergi Promosikan Wisata Lokal
* Ridwan Hisjam Anggota Komisi X memberikan materi tentang pariwisata.

Malang, Obsessionnews.com – Anggota Komisi X DPR Ridwan Hisjam meminta kepada masyarakat terus bersinergi dengan pemerintah untuk mempromosikan wisata lokal. Sebab, industri pariwisata bila bisa dikelola dengan baik maka, bisa membangkitkan ekonomi masyarakat.

Hal itu disampaikan Ridwan Dalam acara pelatihan dasar SDM kepariwisataan bagi masyarakat, yang diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata di Hotel Savana Malang tersebut, Kamis (10/8/2017).

“Pembangunan pariwisata baru bisa berhasil ketika semua lini siap dan bisa bersinergi. Promosi berjalan, masyarakat sadar wisata, sarana dan prasarana siap, menjadikan wisata maju, pemasukan daerah meningkat dan otomatis ekonomi juga naik,” ujar Ridwan

Ridwan mengatakan, Indonesia punya potensi besar untuk memajukan ekonomi melalui sektor wisata. Sebab diketahui Indonesia banyak menyimpan keindahan alam, seni, budaya menarik. Hanya saja, pengelolaan dan manajemen masih belum tertata dengan baik. Karena itu promosi harus di tingkatkan.

“Pembangunan pariwisata merupakan salah satu sektor strategis nasional antara lain penyumbang devisa, instrumen pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat. Dan dalam membangun kepariwisataan, DPR selalu mengacu pada UU No.10 tahun 2009 tentang kepariwisataan,” katanya.

Ridwan juga menjelaskan jika dewan memiliki fungsi mengawasi setiap kebijakan dari Kemenpar dengan menjamin terlaksananya program kepariwisataan, transparansi anggaran dan beberapa kebijakan lainnya.

“Disini dewan juga mendesak pemerintah pusat untuk melakukan langkah konkrit dalam meningkatkan koordinasi dan sinergitas penguatan program 10 destinasi wisata prioritas,” ungkap anggota dewan dari Partai Golkar itu.

Dalam pelatihan ini Ridwan juga mengajak masyarakat untuk kritis jika ada kebijakan pemerintah yang dirasa kurang tepat sasaran dalam memajukan pariwisata, khususnya didaerah. “Disini bukan hanya dewan saja yang harus bersikap kritis, masyarakat juga harus kritis dalam membangun kesadaran pariwisata untuk memajukan perekonomian,” imbuhnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.