Kamis, 2 Desember 21

Komisi X DPR Dukung UN Online Hemat Anggaran 30 %

Komisi X DPR Dukung UN Online Hemat Anggaran 30 %
* Ridwan Hisjam, Jokowi dan Mendikbud tinjau UN.

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Jokowi didampingi Mendikbud Anis Baswedan, Gubernur DKI Jakarta Ahok dan Pimpinan Komisi X DPR RI Ir HM Ridwan Hisjam, Selasa (14/4/2015), mengunjungi SMAN 2 Jakarta di Jl. Gajahmada yang menerapkan Ujian Nasional (UN) dengan sistem PBT (Paper Base Test) secara konvensional. Sedangkan yang di SMKN 1 Budi Utomo memakai CBT (Computer Base Test) atau UN Online.

Jokowi melihat langsung kedua sistem tersebut, semua berjalan lancar dan Presiden mendoakan Siswa-siswi se-Indonesia agar dapat nilai yang baik. Presiden juga melihat bagaimana sistem CBT dioperasionalkan oleh Siswa peserta UN secara langsung.

“Komisi X mendukung penuh UN ini karena dapat menghemat Anggaran sampai 30 persen, sehingga sistem CBT akan dilaksanakan penuh pada tahun 2016 yang akand atang dengan perioritas,” kata Ridwan Hisjam saat mendampingi Presiden Jokowi.

Jokowi, Ahok dan Ridwan

Menurut Ridwan, Komisi X DPR juga melaksanakan fungsi Pengawasannya dengan membentuk 3 Tim spesifik UN ke Provinsi Bali pada 8 sampai 10 April 2015. Kemudian pada 13 sampai 15 April 2015 ke Provinsi Sumatera Barat dan Maluku.

“Yang kami temukan, semua berjalan lancar sesuai harapan, meskipun ada hambatan-hambatan kecil yang ada tetapi semua dapat diantisipasi. Untuk Sekolah yang menerapkan CBT, karena  keterbatasannya satu komputer dipakai tiga orang secara bergiliran sehingga ada tiga shift dalam sehari,” ujar Politisi Partai Golkar ini.

Sebelumnya, kedatangan Presiden Jokowi meninjau pelaksanaan UN online di SMAN 2, tidak hanya memberi semangat dan motivasi kepada para siswa peserta ujian, tetapi juga mendoakan mereka agar bisa menyelesaikan soal dengan baik, sehingga nanti mendapat nilai yang baik pula.

“Saya presiden mendoakan seluruh siswa Indonesia mendapatkan nilai yang baik. Saya lihat di sini nilainya baik-baik. Itu doa yang bisa saya sampaikan,” ujar Jokowi.

Mendikbud, Jokowi dan Ridwan Hisjam tinjau UN.
Mendikbud, Jokowi dan Ridwan Hisjam tinjau UN.

Presiden meminta para siswa untuk fokus dalam mengerjakan soal-soal Ujian Nasional, harus lebih hati-hati dan tidak perlu terburu-buru. Presiden mengaku tidak ingin berlama-lama supaya tidak mengganggu para siswa yang sedang mengikuti ujian.

“Anak-anakku semuanya seluruh siswa SMA Negeri 2 Jakarta, saya lihat ceria semuanya. Artinya sudah siap untuk masuk kelas dan menempuh UN. Saya titip yang pertama hati-hati dalam kerjakan soal. Tenang, tidak usah grusa-grusu,” tutur Jokowi.

Jokowi, Ridwan, Usamah

Presiden meninjau suasana ujian dengan masuk ke dalam salah satu ruang kelas, setelah itu presiden bersama rombongan berbincang ria dengan para siswa di tengah lapangan. Acara ini langsung ditutup dengan foto bersama presiden dengan para siswa. (Asma)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.