Minggu, 16 Mei 21

Komisi VII DPR Desak 2019 Pembangunan Smelter Freeport Gresik Capai 50%

Komisi VII DPR Desak 2019 Pembangunan Smelter Freeport Gresik Capai 50%
* Ridwan Hisjam saat melakukan kunjungan pembangunan smelter freeport di Gresik.

Gresik, Obsessionews.com – Komisi VII DPR melakukan kunjungan kerja ke Gresik, Jawa Timur dengan meninjau lokasi penbangunan Smelter Freeport Indonesia di kawasan industri terpadu JIIPE Gresik. Kunker itu dipimpin langsung oleh Ridwan Hisjam selaku Wakil Ketua Komisi VII.

Selain Ridwan, adapula anggota DPR lain, yakni Tifatul Sembiring, Rofii Munawar, Kurtubi, Peggi,Evita dan Ferry Kasse. Mereka juga didampingi DirJen Minerba ESDM, Direktur Mineral, Staff Ahli Menteri LHK Laksmi dan para Direktur di KLHK. Serta dari DirJen Listrik ESDM serta Direktur PLN Djoko Abdurrrahman mewakili Gubernur Jatim dan Kepala ESDM Jatim Setiadjit.

Ridwan menyatakan, kehadiran Komisi VII dalam rangka fungsi Pengawasan Dewan. Dimana Freeport Indonesia (FI) berkewajiban membangun Smelter agar tambang yang dihasilkan harus sudah memiliki nilai tambah berupa produk-produk hilir berupa batangan emas dll.

“Karena itu demi mempercepat nilai tambah itu, saya minta kepada Dirjen Minerba, saudara Bambang Gatot untuk tegas agar prestasi proyek ini pada akhir tahun 2019 sudah mencapai 50%,” ujar Ridwan saat dikonfirmasi, Rabu (1/5/2019).

Politisi senior Partai Golkar ini menyebut lokasi Semelter Freeport di Gresik luasnya 240 hektar yang berada kawasan JIIPE dimana luasnya mencapai 3.000 hektar, serta memiliki pelabuhan sendiri yang dikelola bersama PT Pelindo. Namun sayang dengan potensi itu, kata dia, prestasi proyek baru di bawah 5%.

“Makannya kita juga meminta kepada PresDir FI agar tidak lagi meubah-ubah perencanaannya yang bisa dicurigai hanya mengulur-ngulur waktu membangun smelter yang sudah menjadi kewajibannya,” tandasnya.

Seperti diketahui Desember 2018 lalu , FI telah dimiliki oleh BUMN PT INALUM sebesar 51,2% sehingga pemerintah Indonesia telah dapat mengendalikan perusahaan tambang terbesar ini yang sebelumnya dikendalikan oleh perusahaan tambang Anerika Serikat.

Hadir pula dalam kesempatan Kunker itu Direktur Utama kawasan Industri JIIPE Bambang Soetiono yang ikut mendukung percepatan pembangunan atau pengurukan lokasi ini agar segera bisa dibangun Smelter secepatnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.