Sabtu, 18 September 21

Komisi V Rekomendasikan Basarnas yang Gugur Dapat Penghargaan

Jakarta, Obsessionnews.com – Delapan orang meninggal dunia saat akan melaksanakan tugas kemanusiaan untuk membantu proses evakuasi korban letusan kawah sileri yang berada di Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng).

Delapan orang itu yakni pilot Haryanto, kopilot Solihin, kru pesawat Hari Marsono dan Budi Santoso, serta empat anggota Badan SAR Nasional (Basarnas) Maulana Affandi, Nyoto Purwanto, Budi Restiyanto, dan Catur Bambang S meninggal setelah Helikopter HR 3602 yang mereka tumpangi jatuh di Gunung Butak, Temanggung, Jateng pada pada Minggu (2/7/2017).

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi V DPR Fary Djemy Francis akan merekomendasikan agar anggota Basarnas yang meninggal saat melakukan misi kemanusiaan tersebut diberikan penghargaan sebagai pejuang kemanusiaan.

“Saya rekomendasi kan, ada reward, penghargaan pejuang kemanusian,” ujar Fary saat rapat di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Rabu (5/7).

Selain itu, dia mengusulkan agar Basarnas mempunyai prosedur baku soal penyematan pahlawan, seperti halnya TNI yang sudah memiki prosedur baku soal penyematan pahlawan. “Di Basarnas belum ada protap yang memberikan kekhususan. Selain kenaikan pangkat yang sedang diupayakan, kami rekomendasikan pejuang kemanusiaan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi memastikan akan menaikkan pangkat 4 prajuritnya yang menjadi korban heli jatuh milik Basarnas. Empat prajurit itu ditugaskan di Basarnas sebagai kru penerbang heli SAR.

Sebagai penambahan informasi, helikopter Basarnas mengalami kecelakaan di Gunung Butak, Temanggung, pada pukul 16.14 WIB, Minggu (2/7). Akibat kecelakaan tersebut, 8 orang yang terdiri dari 4 kru dan 4 tim rescue Basarnas meninggal dunia.

Mereka yang menjadi korban adalah (kru) Kapten Laut (P) Haryanto, Kapten Laut (P) Li Solihin, Serka Mpu Hari Marsono, dan Peltu LPU Budi Santoso. Sedangkan tim Basarnas yang menjadi korban adalah Maulana Afandi, Nyoto Purwanto, Budi Resti, dan Catur Bambang Sulistio. (Iqb)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.