Jumat, 22 Oktober 21

Koalisi Masyarakat Sipil Adukan Hakim Cepi ke MA

Koalisi Masyarakat Sipil Adukan Hakim Cepi ke MA
* Hakim Cepi Iskandar memimpin sidang praperadilan ketua DPR Setya Novanto.

Jakarta, Obsessionnews.com – Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi, yang terdiri dari Indonesia Corruption Watch (ICW), Madrasah Anti Korupsi (MAK) Muhammadiyah, dan Tangerang Public Transparancy Watch (Truth) melaporkan Hakim Cepi Iskandar ke Badan Pengawasan (Bawas) Mahkamah Agung, Kamis (5/10/2017).

Koalisi ini meminta MA supaya memeriksa hakim Cepi terkait putusan praperadilan yang mencabut status tersangka Ketua DPR Setya Novanto. Koalisi menilai terdapat sejumlah kejanggalan dalam sidang praperadilan tersebut.

“Kami merekomendasikan kepada Ketua MA dan Kepala Bawas MA untuk segera memanggil dan memeriksa hakim Cepi dan menindak tegas jika ditemukan pelanggaran kode etik hakim,” kata penggiat ICW, Kurnia Ramadhana.

Dalam laporan tersebut, Koalisi membawa sejumlah bukti seperti berita media soal proses praperadilan Novanto. Koalisi pun berharap Bawas MA berperan aktif menyelidiki Hakim Cepi dan mempelajari putusan praperadilan yang dibuat Hakim Cepi.

“Kami berharap Badan Pengawasan Mahkamah Agung bisa memanggil hakim Cepi Iskandar, mempelajari lebih lanjut putusannya, melihat pertimbangan-pertimbangannya,” ujar Kurnia.

Novanto ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada 17 Juli 2017. Ketua Umum Partai Golkar itu diduga menguntungkan diri atau orang lain atau korporasi dan menyalahgunakan kewenangan dan jabatan, pada kasus e-KTP.

Atas penetapan tersebut, Novanto mengajukan gugatan praperadilan. Status Novanto sebagai tersangka dinyatakan gugur setelah gugatan praperadilannya dikabulkan. Hakim tunggal praperadilan Cepi Iskandar menganggap penetapan tersangka Novanto tidak sah. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.