Selasa, 9 Agustus 22

Koalisi Bubar, Perdana Menteri Timor Leste Mundur!

Koalisi Bubar, Perdana Menteri Timor Leste Mundur!
* Jokowi dan Taur Matan Ruak. (harnas.co)

Taur Matan Ruak menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai perdana menteri Timor Leste pada Selasa (25/2/2020). Keputusan pengunduran dirinya dilakukan setelah partai koalisi pendukungnya menyatakan bubar.

Taur mengatakan telah mengajukan surat pengunduran dirinya kepada Presiden Fransisco Guterres. Ia mengatakan alasan pengunduran dirinya sebagai sebuah jalan ‘buntu’.

“Saya sudah bertemu dengan Presiden Guterres dan telah mengajukan pengunduran diri dari posisi sebagai perdana menteri,” kata Ruak seperti mengutip AFP.

Ia mengatakan akan tetap menjalankan tanggung jawab sebagai perdana menteri sampai permohonan pengunduran dirinya disetujui oleh presiden.

Terlahir sebagai Jose Maria Vasconcelos, Taur dilantik sebagai perdana menteri pada Juni 2008 di tengah krisis politik yang dihadapi Timor Leste.

Penunjukan Taur sebagai perdana menteri menandai pemerintahan kedua Timor Leste sejak merdeka dari Indonesia pada 2002 lalu.

Taur Matan Ruak atau berarti ‘dua mata yang tajam’ merupakan seorang komandan perlawanan Timor Timur sebelum menjadi kepala tentara di awal berdirinya Timor Leste.

Taur dilantik sebagai PM Timor Leste pada Juni 2018 usai terjadinya krisis politik yang melumpuhkan negara dengan total populasi 1,3 juta warga tersebut.

Pengunduran diri ini merupakan kali kedua yang terjadi dalam kurun waktu kurang dari satu tahun di Timor Leste.

Dalam beberapa pekan terakhir, koalisi Aliansi Mayoritas untuk Kemajuan yang dipimpin Taur diguncang krisis politik. Krisis terjadi usai koalisi tersebut gagal meloloskan anggaran nasional bulan lalu meski merupakan mayoritas di parlemen.

Partai CNRT di bawah pimpinan Xanana Gusmao dikabarkan abstain dalam pemungutan suara terkait anggaran nasional. Taur pun kemudian mengakhiri aliansinya dengan CNRT.

Kegagalan meloloskan anggaran belanja negara memicu masalah finansial signifikan di Timor Leste. Saat ini, Timor Leste hanya bisa bertahan dengan mengandalkan anggaran dari tahun sebelumnya.

Lahir dengan nama Jose Maria Vasconcelos namun lebih dikenal dengan julukan Taur Matan Ruak — atau “dua mata tajam” — Taur merupakan seorang komandan kelompok pejuang Timor Leste.

Ia pernah menjabat peran seremonial sebagai presiden antara tahun 2012 dan 2017. (CNN/AFP/Medcom)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.