Minggu, 17 Oktober 21

KMP-KIH Tak Pengaruhi Pilkada Serentak di Jabar

KMP-KIH Tak Pengaruhi Pilkada Serentak di Jabar

Bandung, Obsessionnews – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Jawa Barat (Jabar) menganggap Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) tidak berpengaruh pada tataran politik di daerah. Hal ini ditegaskan Ketua DPD PDI-P Jabar Mayjen TNI (Purn) TB Hasanuddin, Senin (23/3/2015).
Atas dasar tidak ada pengaruh tersebut, lanjut Hasanuddin, mendorong PDIP jabar membuka peluang berkoalisi dengan partai lainnya. “KMP dan KIH yang kerapkali gonjang-ganjing di pusat, ternyata tidak ada pengaruhnya untuk tingkat daerah. Begitupun terhadap kondisi Pilkada serentak Desember mendatang,” tuturnya.

Pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) secara serentak di Jabar akan digelar bulan Desember 2015 dan Februari 2016. Menurut Hasanuddin,  PDI-P sudah melakukan persiapan secara matang dan diawali dengan proses klarifikasi, verifikasi dan survei di tingkat pusat maupun daerah. “Pada intinya, kita sudah siap untuk memenangkan Pilkada serentak tersebut, bahkan penggodokan para bakal calon jauh-jauh hari sudah dilakukan,” tandasnya.

Wakil ketua Komisi I DPR RI ini juga menjelaskan ada 4 daerah yang masing-masing bakal calon kepala daerahnya sudah diverifikasi dan disurvei oleh DPP PDI-P, yaitu Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Karawang, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Indramayu. Ke-4 bakal calon tersebut menurut Hasanuddin, akan diverifikasi dan disurvei ulang di tingkat daerah, sehingga terpilih kader terbaik dengan memenuhi ketentuan memiliki pemahaman kepartaian, dasar-dasar ilmu ketatanegaraan, memahami empat pilar demokrasi, mampu berinteraksi dengan masyarakat dan tidak melakukan maksiat.

“Apabila kriteria tersebut sudah dimiliki, maka bakal calon akan didaftarkan ke KPU daerah masing-masing baik 1 paket ataupun berkoalisi dengan partai lain,” tutur Ketua PDI-P Jabar ini.

Hasanuddin menegaskan, para calon tersebut baru dapat menggelar sosialisasi dan melakukan perkenalan dengan masyarakat di daerah tempat Pilkada tersebut digelar pada bulan Juli 2015 mendatang, sebelum bulan tersebut belum dapat dilakukan. Sementara itu selain 4 daerah yang sudah dipersiapkan untuk bertempur pada pilkada serentak Desember 2015, empat bakal calon daerah lainnya juga akan dipersiapkan, seperti Kabupaten Bandung, Depok, Kabupaten Tasikmalaya dan Cianjur.

“Bakal calon untuk daerah-daerah tersebut juga diberlakukan hal yang sama, yakni klarifikasi dan survey di tingkat pusat serta uji kelayakan dan kepatutan di daerah dengan sejumlah materi tes yang dipersiapkan,” jelas Hasanuddin. “Mereka dipersiapkan untuk Pilkada serentak pada bulan Februari 2016,” tandas mantan Sekretaris Militer Kepresidenan era Megawati dan SBY ini. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.