Jumat, 2 Desember 22

KKP Fokus Kembangkan Rumput Laut

KKP Fokus Kembangkan Rumput Laut
* Rumput laut. Foto: Humas KKP

Jakarta, Obsessionnews.com – Salah satu komoditas perikanan budidaya yang menjadi fokus Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk terus dikembangkan adalah rumput laut.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP, Slamet Soebjakto saat menghadiri sekaligus membuka acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Rumput Laut Indonesia (ARLI) di Makassar, Senin (12/3/2018).

Kinerja positif tersebut dapat dilihat dari volume produksi rumput laut nasional yang tumbuh rata-rata sebesar 11,8 % per tahun, dimana angka sementara tahun 2017, produksi rumput laut nasional tercatat sebesar 10,8 Juta ton.

Dalam siaran persnya, Selasa (13/3), menyebutkan nilai ekspor rumput laut juga mengalami pertumbuhan sebesar 3,09% per tahun. Neraca perdagangan rumput laut Indonesia juga tercatat positif, dengan indeks spesialisasi produk (ISP) lebih tinggi dibanding negara-negara eksportir lainnya.

Kondisi ini menandakan bahwa produk rumput laut memiliki daya saing kompetitif yang tinggi atau Indonesia merupakan negara net eksportir rumput laut.

Ketua ARLI Safari Azis mengapresiasi langkah KKP untuk serius mengembangkan komoditas rumput laut. Ia meminta agar KKP dapat memastikan rantai produksi dari hulu hingga hilir kondusif bagi dunia usaha.

“Di Kabupaten Bone, ARLI telah berhasil memfasilitasi anggotanya untuk memanfaatkan rumput laut di kabupaten hasil kerjasama dengan KKP dan pemerintah daerah dan telah berhasil melakukan ekspor perdana pada bulan februari berupa alkali treated gracillaria (ATG) ke China. Kondisi kondusif seperti ini kami harapkan dapat terjadi didaerah lainnya,” ungkap Azis.

Azis mengingatkan bahwa semangat meningkatkan nilai tambah di sektor hilir harus berdampak juga bagi pembudidaya yang ada di sektor hulu. (Popi)

 

Baca juga: 

Eks Penangkap Benih Lobster Panen Rumput Laut

Indonesia Pemasok Utama Rumput Laut di Dunia

Kembangkan Rumput Laut, KKP-SIPPO Gelar FBM 24–28 September

KKP Dorong Industri Rumput Laut di Natuna

Soal Rumput Laut, Ini Ancaman Susi

Rumput Laut Jadi Primadona KKP

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.