Sabtu, 24 Oktober 20

Kisah Yana Zein Islam atau Kristen di Akhir Hidupnya

Jakarta, Obsessionnews.com – Suryana Nurzaman Zein atau Yana Zein lahir di Moskow pada 27 Agustus 1969 silam. Wanita yang berprofesi sebagai model dan bintang sinetron ini dikaruniai dua orang putri, yakni Aurelia Callista Carilla dan Alika Pandora Salvine.

Ibunya berdarah Rusia, Svetlana Zein, dan ayahnya dari Sumatera, Nurzaman Zein . Namun sayang, kedua orang yang dikasihinya ini memutuskan untuk bercerai.

Dalam pernikahan Yana  juga kurang beruntung. Perkawinannya dengan Fahmi Darmawansyah telah kandas. Fahmi kini menjadi suami artis  Inneke Koesherawati.

Pernikahan pertama Yana tidak memiliki anak. Lalu ia menikah kembali dengan Nono dan melahirkan dua orang putri nan cantik.

Kini artis yang terakhir bermain di sinetron Cinta di Langit Tajmahal (2015) ini telah beristirahat di pembaringan yang terakhir pada Kamis (1/6/2017). Ia menghembuskan nafas terakhirnya di RS Mayapada, Lebak Bulus,  Jakarta Selatan.

Kanker payudara stadium IV membawa maut ini telah ia perjuangkan hingga pengobatan ke negara Tiongkok. Apa daya, Tuhan berkehendak lain.

Yana Zein saat berakting dalam sebuah sinetron. Foto: istimewa

Walau telah tiada, kisah wanita berkulit putih ini masih hangat diperbincangkan oleh khalayak ramai. Keyakinan Yana dipertanyakan, apakah agama Islam atau Kristen.

Saat jenazah almarhum Yana terbaring di rumah duka secara Kristiani, pelayat yang hadir dikejutkan oleh kedatangan Nurzaman. Sang ayah membacakan ayat-ayat suci Alquran dan bersikeras agar sang mayat di prosesi secara Islam.

Sempat kisruh, akhirnya jenazah Yana dimakamkan secara Islam di di TPM Bulak Lebar, Cinere, Depok, Jumat (2/6/2017) petang.

“Yana dari kecil Islam. Dia tidak minta pindah agama jadi Kristen,” ucap ungkap Nurzaman Zein kepada media saat acara tahlilan di Jakarta Selatan, Senin (5/6/2017).

Sebelumnya Nurzaman juga pernah menanyakan kepada anak sulungnya tersebut apakah berpuasa di bulan suci Ramadhan ini. Kemudian Yana sempat mengatakan bahwa ia tidak berpuasa dan akan menggantikan puasa tersebut usai Ramadhan.

Pengakuan kuat juga datang dari sahabat Yana Zein, artis Linggasuri. Ia mengaku pernah menyaksikan pesinetron Hidayah ini bersyahadat saat dirawat di rumah sakit.

“Saya lihat Yana ucapkan syahadat di RS Siloam,” kata Linggasuri.

Sementara Nita, asisten Yana yang selalu mendampingi almarhum, berujar selama pengobatan di Guangzhou, China, Yana acap kali didoakan oleh pendeta.

Nita mengakui ,msetahun terakhir ini Yana hafal beberapa surat dalam kitab suci Al-Quran, seperti Al fatihah, dan ayat Kursi.

“Teman-teman dia juga tahunya dia Islam,” ucapnya.

Namun, sang bintang setiap kali berdoa di rumah sakit tidak pernah menggunakan atribut apapun. Baik salib maupun tasbih.

Pengakuan lain juga terkuak dari sahabat almarhumah, yakni Andi Soraya. Ia berterima kasih kepada Nurzaman karena telah melakukan yang terbaik buat Yana.

Terimakasih om Nurzaman Zein Ayahanda Yana Zein yang sudah menyelamat kan Yana. Krna memang terakhir yg kami tau tdk lama sebelum yana berpulang, yana masih mengucapkan 2 kalimat syahadat. Sehingga kami jg bingung kl yana berada di rumah duka. Sekali lg kami bersyukur om masih memegang teguh pertanggung jawaban Dunia akhirat kpd Allah swt atas anak om sahabat ku Yana Zein. Maaf senoga ini tdk menyinggung pihak” lain maupun agama apapun. Semoga ini dpt menjawab pertanyaan dan kebingungan temen” natizen ku#lailahaillallahmuhammadrasulullah #ripyanazein,” tulis wanita yang akrab disapa Aya di akun Instagramnya @andisorayabeatrix.

Ratusan pandangan berdatangan dari para netizen. Karena sepertinya Netizen juga dibuat penasaran apa keyakinan dari almarhumah. Pantauan Obsessionnews.com, Selasa (6/6/2017) pukul 18:40 WIB, ratusan komentar menghiasi pernyataan Aya.

“Semoga almarhumah dilapangkan kuburnya, dihapuskan segala dosanya, dan anak yg ditinggalkan diberi kemudahan nantinya dan semoga dilindungi oleh Allah SWT, Laaillaha ilallaah muhammadarrasulullah,” ucap leliaja81.

Alhamdulillah….smoga khusnul khatimah…dan mendapat Rahmat ALLAH SWT….Aamiinhikmah_mahfudzAlhamdulillah, semoga mb yana sempat bertobat sebelum meninggal dan meninggal dlm keadaan khusnul khotimah, Amin..” ungkap ulfah9679.

“Itulah yg namanya sahabat sejati yg mau menyelamatkan sahabatnya dunia akhirat …salut untuk mbak @andisorayabeatrix yg dg berani mengungkapkan kejadian sebenarnya..mudah2an mbak yana ditempatkan d tempat yg paling indah d sisi Allah SWT amin,” tulis kifliemI.

Bagaimanapun, agama merupakan keyakinan pribadi yang berhubungan langsung dengan sang pencipta alam dan bumi. Kembali lagi, hanya Yana Zein yang tahu pasti 100 persen apa agama yang dianutnya. (Popi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.