Kamis, 25 April 24

Kisah Bos yang Kehilangan Rp25,3 Triliun dalam Semalam

Kisah Bos yang Kehilangan Rp25,3 Triliun dalam Semalam
* Andrew Rickman. (BBC)

Pionir teknologi asal Inggris, Andrew Rickman, pernah kaya raya. Perusahaan yang ia dirikan, Bookham Technology, masuk bursa dan nilai sahamnya pada pertengahan tahun 2000 ditaksir sekitar £1,5 miliar atau hampir Rp28 triliun.

Ia adalah pemegang saham mayoritas di perusahaan tersebut. Nilai perusahaannya melesat seiring dengan peningkatan jumlah pemakai internet dan telepon genggam.

Media secara besar-besaran memberitakan sosok Rickman, yang mendapat predikat miliarder teknologi pertama Inggris. Ia diperlakukan selebritas, meski dalam keseharian, ia mengaku sebagau sosok yang sederhana.

Tapi ini tak menghentikan media membandingkan dengan aset milik orang-orang kaya di Inggris.

Ia digambarkan lebih kaya dari Ratu Elizabeth atau musisi Sir Paul McCartney bahkan jika kekayaan keduanya digabung, begitu ulasan media ketika itu. Lalu era kejayaan dotcom tiba-tiba berakhir. Nilai saham perusahaannya anjlok.

Ambruknya era dotcom membuat ia kehilangan US$1,8 miliar (setara dengan Rp25,3 triliun) hanya dalam waktu satu malam.

“Rasanya seperti hidup di musim dingin yang berkepanjangan setelah perang nuklir,” kenang Rickman kepada BBC memberi perumpamaan. Dengan kata lain, ia menjalani kehidupan yang sangat sulit.

Melihat lagi ke belakang pada masa-masa sulit di akhir tahun 2000, ia mengatakan bukan uang yang ia pikirkan.

“Jumlah uang [yang saya miliki] kan hanya deretan angka-angka di atas kertas. Saya juga tak masalah kehilangan predikat sebagai miliarder dotcom pertama di Inggris,” kata Rickman.

“Yang sulit adalah menghadapi dampak terpuruknya era dotcom ini bagi perusahaan dan sektor teknologi,” katanya.

Pindah ke Silicon Valley
Produk yang dihasilkan Bookham tergolong canggih. Perusahaan yang didirikan pada 1988 ini memasok komponen optik bagi industri komputer dan telekomunikasi.

Teknologi yang ia kembangkan memungkinkan transfer data secara cepat dengan menggunakan laser dan serat kaca. Persoalannya adalah, harga produk ini mahal.

Dan ketika dotcom ambruk, konsumen Rickman, perusahaan-perusahaan yang membangun jaringan baru, beralih memakai produk dan teknologi yang lebih murah dan lebih sederhana.

Untunglah, Rickman masih punya tabungan £50 juta. Bermodal uang tabungan ini, ia membangun lagi Bookham, perusahaan yang ia dirikan di dapur rumahnya di Wiltshire saat ia berusia 28 tahun.

Ia mencabut perusahaan dari bursa dan memindahkan kantor dari Inggris ke Silicon Valley di Amerika Serikat agar lebih dekat ke konsumen dan juga untuk membuat produknya lebih kompetitif dari sisi harga.

Bertahan di Inggris dan memakai mata uang pound membuat biaya produksi menjadi lebih mahal.

Belajar dari runtuhnya dotcom
Bookham akhirnya bisa bangkit. Pada 2004 Rickman meninggalkan perusahaan untuk menjalani karier baru sebagai investor teknologi.

Sekitar sepuluh tahun kemudian ia mendirikan Rockley Photonics di Oxford, Inggris, yang menghasilkan cip fotonik silicon yang digambarkan sebagai generasi baru cip mikro.

Kelebihan cip fotonik silicon, di antaranya adalah, bisa memproses lebih banyak data secara lebih cepat. Produk teknologi ini semakin banyak dipakai di pusat data, sistem sensor kendaraan swakemudi hingga telepon genggam keluaran terbaru.

Rickman mengatakan penghasilan Rockey saat ini “puluhan juta pound” per tahun namun berpotensi “naik menjadi miliaran” per tahun.

Peter Clarke, wartawan yang banyak meliput industri komunikasi, mengatakan Rickman adalah “satu dari sedikit pelopor teknologi yang juga punya darah sebagai pebisnis”.

Rickman mengatakan belajar banyak dari keguncangan yang diakibatkan oleh runtuhnya dotcom. Sejak itu Rickman membentuk tim yang menganalisis lingkungan tempat ia menjalankan bisnis.

Tim ini berfungsi seperti alat yang bisa memberi peringatan tentang apa yang mungkin akan terjadi. “Kami tak hanya menganalisis potensi bencana, tapi juga tren-tren yang meledak [yang disambut oleh konsumen],” ungkapnya. (*/BBC)

Sumber: BBC Magazine

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.