Senin, 3 Oktober 22

Breaking News
  • No items

Kini, Warga Jabar Bisa Bayar Pajak Motor Lewat ATM BCA

Kini, Warga Jabar Bisa Bayar Pajak Motor Lewat ATM BCA

Bandung, Obsessionnews – PT  Bank Central Asia Tbk (BCA)  resmi bekerja sama dengan Manajemen Samsat Jawa Barat (Jabar), Dinas Pendapatan Jabar, Polda Jabar, dan Jasa Raharja di Halaman Gedung Merdeka, Cikapundung, Bandung, Rabu (27/4/2016). Dengan adanya kerja sama ini wjib pajak di Jabar dapat melakukan pembayaran pajak melalui ATM BCA.

Gubernur Jawa Barat (Jabar)  Ahmad Heryawan (kiri) dan Direktur Bank BCA, Santoso. (Foto: Edwin B/Obsessionnews) @theobald_b
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan (kiri) dan Direktur Bank BCA, Santoso. (Foto: Edwin B/Obsessionnews) @theobald_b

Langkah strategi BCA tersebut sebagai bentuk upaya guna memudahkan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Jabar melalui ATM BCA.

“Sebagai bank yang memiliki visi menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat, yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia dan sebagai upaya untuk terus memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat Jabar  khususnya nasabah BCA dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), BCA melakukan kerja sama ini,” kata Direktur BCA Santoso.

Program dengan nama ‘e-samsat’ ini sangat mudah dilakukan, caranya adalah wajib pajak cukup mendaftar dengan mengetik SMS ke Samsat Jabar di 08112119211 dengan format : esamsat (spasi) no.rangka (spasi) NIK KTP (spasi). setelah itu, nasabah akan menerima jawaban spesifikasi kendaraan, jumlah tagihan dan kode bayar.

Dengan menggunakan kode bayar tersebut, wajib pajak dapat melakukan pembayaran di ATM BCA yang tersebar di seluruh Indonesia dengan petunjuk yang sudah tertera. Bukti transaksi pembayaran di ATM tersebut dapat menjadi bukti yang sama dan sah dengan bukti yang dikeluarkan oleh Samsat untuk pembayaran resmi.

Direktur BCA, Santoso
Direktur BCA  Santoso. (Foto: Edwin B/Obsessionnews) @theobald_b

“Masyarakat juga bisa membayar PKB diluar kota, tanpa harus datang ke kantor dan mengantri,” ujar Santoso.

Sementara itu Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dalam pidatonya mengatakan, inovasi e-samsat mempercepat pembayaran PKB.

“Biasa pembayaran PKB secara manual memakan waktu lama, namun sekarang bisa dilakukan hanya dengan 5 menit saja,” ujarnya.

Ia menuturkan, selain berkerja sama dengan BCA, ke depan  Pemerintah  Provinsi (Pemprov) Jabar juga akan bersinergi dengan bank lain guna mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak.

Kerja sama yang dilakukan BCA juga bukanlah yang kali pertama. Selain dengan Jabar komitmen tersebut dilakukan dengan Pemprov DKI Jakarta dan Pemkot Tangerang Selatan dalam memudahkan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) melalui ATM BCA.

“BCA berharap dengan kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh BCA, masyarakat tidak lagi mengalami kendala dalam membayar pajak, sehingga ke depannya penerimaan pajak dapat meningkat. Dan esamsat ini bisa diaplikasikan ke seluruh wilayah Indonesia,” tutup Santoso. (Aprilia Rahapit, @aprilia_rahapit)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.