Senin, 18 Oktober 21

Kini, Peran Infolahta TNI Makin Dibutuhkan

Kini, Peran Infolahta TNI Makin Dibutuhkan

Jakarta, Obsessionnews – Dalam mewujudkan Tata Kelola Teknologi Informasi di lingkungan Mabes TNI, pada hakekatnya ditujukan untuk mendukung TNI yang solid, kuat, hebat, profesional dan dicintai rakyat, dengan harapan kehadiran dan peran Infolahta TNI akan semakin dibutuhkan dan bermanfaat dalam rangka mendukung tugas-tugas di lingkungan TNI saat ini dan di masa mendatang.

Hal ini ditegaskan Kepala Pusat Informasi Pengolahan Data (Kapusinfolahta) TNI Marsma TNI Hadi Suwito saat memberikan pembekalan di hadapan 102 peserta Rapat Koordinasi Teknis Informasi Pengolahan Data (Rakornis Infolahta) TNI 2016 bertema “Melalui Rakornis Infolahta TNI tahun 2016, Kita Wujudkan Tata Kelola Teknologi Informasi TNI Dalam Rangka Mendukung TNI Yang Solid, Kuat, Hebat, Profesional dan Dicintai Rakyat” bertempat di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (16/3/2016).

Menurut Marsma TNI Hadi Suwito, Tata Kelola Teknologi Informasi yang akan dilaksanakan di lingkungan Mabes TNI merupakan sesuatu hal yang sangat penting, harus dipenuhi dalam pengelolaan sistem informasi, teknologi komunikasi dan hukum, yang melibatkan hampir seluruh pemangku kepentingan (stakeholder), hal ini terkait dengan keberadaan tata kelola teknologi informasi itu sendiri yang dapat membantu pemenuhan data dan informasi secara efisien, efektif dan terjamin.

Rakornis Infolahta

“Tata Kelola Teknologi Informasi (IT Governance) di lingkungan Mabes TNI dan roadmap pembangunan yang dilaksanakan berorientasi pada perencanaan strategis, sehingga kegiatan yang dilaksanakan dapat tercapai secara efektif dan efisien dengan mempertimbangkan kemampuan anggaran negara,” tandas Kapusinfolahta TNI.

Ia menambahkan, agar Tata Kelola Teknologi Informasi di lingkungan Mabes TNI dapat terealisasikan dengan baik maka dibutuhkan kerangka kerja (framework), yang akan mendasari dalam melakukan tata kelola tersebut.

“Pendefinisian strategi dan kontrol tersebut meliputi  governance strategic.   Strategi yang digunakan dalam membangun Tata Kelola Teknologi Informasi itu sendiri dan kontrol bagaimana kita melakukan pengendalian, baik itu pengawasan terhadap tata kelola itu sendiri, dan rule of law yang mengikat para stakeholder di bidang pengelolaan Informasi Teknologi,” paparnya.

Dijelaskan pula, beberapa komponen dari Tata Kelola Teknologi Informasi antara lain seperti value delivery,  fokus dengan melaksanakan proses Teknologi Informasi agar supaya proses tersebut sesuai dengan siklusnya, mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pengawasan, sehingga dapat menghasilkan keuntungan bagi organisasi khususnya TNI.

“Dan risk management, untuk meminimalisir resiko kegagalan dalam pembangunan sistem informasi, untuk itu diperlukan suatu konsep yang jelas dan terukur  dalam membangun suatu sistem informasi sesuai dengan kebutuhan organisasi,” tambahnya.

Bonar H Hutagaol

Sebelumnya, Asisten Komunikasi dan Elektronika (Askomlek) Panglima TNI Marsda TNI Bonar H Hutagaol membuka secara resmi Rakornis Infolahta TNI 2016, di Mabes TNI, yang berlangsung selama satu hari dan diikuti 102 peserta dari jajaran Mabes TNI dan Angkatan serta undangan.

Adapun tujuan diselenggarakan Rakornis Infolahta TNI ini adalah untuk mengkoordinasikan, mengkomunikasikan dan mensosialisasikan berbagai permasalahan teknis yang dihadapi dalam mengimplementasikan teknologi informasi utamanya yang di tujukan untuk mewujudkan tata kelola sistem informasi di lingkungan TNI dan Angkatan dalam rangka mendukung TNI yang solid, kuat, hebat, profesional dan dicintai rakyat.

Ia memaparkan, banyak hal yang dapat dimunculkan sebagai isu sentral di bidang teknologi informasi, seperti isu tentang keterbatasan kompetensi sumber daya manusia,  isu tentang pembangunan infrastruktur dan pengembangan aplikasi, berikut kompleksitas berbagai permasalahan yang terkandung di dalamnya.

Lebih dari itu, lanjutnya, beragam isu tentang pencapaian komunitas Infolahta TNI dalam penguasaan teknologi informasi untuk mendorong kemandirian di bidang teknologi informasi tentunya juga dapat diangkat sebagai salah satu isu sentral.

“Dengan memperhatikan term of reference yang telah disusun, dapat saya simpulkan, bahwa berbagai isu tersebut pada prinsipnya telah terangkum sebagai bahan diskusi dan koordinasi dalam kegiatan Rakornis Infolahta TNI  tahun ini,” pungkas Askomlek Panglima TNI. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.