Kamis, 21 Oktober 21

Kilang Minyak Pertamina Balongan Meledak dan Terbakar

Kilang Minyak Pertamina Balongan Meledak dan Terbakar
* Foto ilustrasi. (YouTube)

Cirebon, Obsessionnews.com – Kilang minyak Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat pada Senin (29/3/2021) dinihari sekitar pukul 01.00 meledak dahsyat dan terbakar.

Tampak kobaran api membumbung tinggi dan terpantau dari jarak jauh. Bahkan langit di wilayah Indramayu menjadi merah oranye menyala.

Menurut Informasi yang diperoleh, Kilang Minyak tersebut meledak diduga akibat tersambar petir. Belum diketahui adanya korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kobaran api terlihat besar dan kepulan asap hitam membumbung tinggi. Beberapa petugas pemadam berupaya memadamkan api yang semakin membesar.

 

Berdasarkan video yang banyak beredar di masyarakat, kebakaran hebat menyebabkan warga berhamburan keluar rumah. Mereka panik karena melihat besarnya kobaran api.

Warga menyebut sempat terdengar dua kali ledakan hebat dan menggemparkan warga sekitar.

“Warga berhamburan, Pertamina meledak dua kali, ini api sudah semakin tinggi,” ujar seorang warga dalam video.

Dalam video lain, warga juga dikejutkan dengan ledakan hebat mirip dan membuat ketakutan. Mereka terus mengucap doa kepada Sang Pencipta agar diberi keselamatan.

Belum diketahui dampak dari kebakaran baik korban luka maupun korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Ledakan begitu keras dan membuat warga yang berada dekat lokasi kejadian berlarian menyelamatkan diri

Kilang Balongan milik PT Pertamina di Indramayu tersebut terbakar mulai sekitar pukul 00.45 dini hari. Kebakaran tepatnya terjadi pada tangki T-301G.

Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya mengatakan, saat ini tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran di Kilang Balongan.

Menurutnya, penyebab kebakaran di Kilang Balongan belum diketahui secara pasti. “Namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir,” ungkapnnya dalam keterangan tertulis, Senin (29/3).

 

Dengan adanya insiden kebakaran di Kilang Balongan ini, Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM ke masyarakat tidak terganggu dan saat ini masih berjalan normal.

Saat ini tim HSSE Kilang Balongan tengah fokus melakukan pemadaman api di kilang yang berlokasi di Desa Balongan.

Siaran Pers Pertamina
Siaran pers yang disebarkan Ifki Sukarya, Corporate Secretary
Subholding Refining & Petrochemical
PT Kilang Pertamina Internasional, menyatakan “Pertamina Upayakan Pemadaman Insiden Kebakaran Kilang Balongan”.

Yakni, telah terjadi insiden di Kilang Pertamina Balongan yang menyebabkan terjadinya kebakaran pada tangki T-301G pada tanggal 29 Maret 2021 mulai sekitar pukul 00.45 dini hari.

Saat ini tim HSSE Kilang Pertamina Balongan tengah fokus melakukan pemadaman api di kilang yang berlokasi di Desa Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir.

Saat ini juga tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran.

Pertamina telah menyiapkan tempat untuk evakuasi dan pengungsoan sementara bagi warga sekitar di GOR Perumahan Bumi Patra dan Pendomo Kabupaten Indramayu.

Pertamina meminta warga sekitar untuk tetap tenang, dan menjauh dari lokasi kebakaran. Saat insiden terjadi, ada 4 warga yang tengah melintas sehingga mengalami luka bakar dan langsung dirujuk untuk perawatan intensive di RSUD Indramayu. Saat ini dilakukan juga pemblokiran jalan menuju sekitar lokasi kejadian, dibantu oleh TNI.

Dengan adanya insiden ini, Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM ke masyarakat tidak terganggu dan saat ini masih berjalan normal. (*/Times/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.