Rabu, 29 September 21

KIH Berubah Jadi P4, Nanti Banyak Plesetannya

KIH Berubah Jadi P4, Nanti Banyak Plesetannya

Jakarta, Obsessionnews – Pengamat Politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio, merasa heran Koalisi Indonesia Hebat (KIH) memutuskan bubar dan berganti nama menjadi Partai-Partai Pendukung Pemerintah (P4). Menurutnya, nama ini terkesan aneh dan bisa menimbulkan kontroversi.

‎”Ha…ha…haa… aneh ah.  Menurut saya, akan tambah lucu nanti bila mereka mengkritik pemerintah,” ujar Hendri melalui pesan singkatnya, Jumat (13/11/2015).

Hendri menuturkan, selama ini KIH dianggap oleh banyak pihak justru menjadi koalisi yang kerap menghambat program pemerintah. Misalnya kata dia, ‎berdasarkan hasil survei nasional KedaiKOPI (Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia) menyebutkan KIH adalah faktor penghambat kinerja Jokowi JK.

“Nah nanti kalo kritik pemerintah jadi P4&SP (Partai Politik Pendukung Pemerintah Sekaligus Penghambat),” tuturnya.

Hendri menyarankan, KIH tidak perlu berganti nama. Sebab, penyebutan nama KIH menurutnya cukup bagus dan memiliki tujuan yang mulia. Sementara P4 belum jelas tujuanya apa.  ‎”Mendingan tetap KIH, tujuannya jelas untuk Indonesia Hebat, kalau P4 patut dicitrakan hanya kejar kekuasaan,” jelasnya.

Sebelumnya, para petinggi partai KIH melakukan rapat di Istana Negara, Kamis malam (12/11). Mereka yang hadir antara lain, Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Hanura Wiranto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Serta dari PPP Romahurmuziy.

Dari hasil pertemuan tersebut disepakati, KIH bubar dan diganti nama menjadi P4. Romy mengatakan, ‎pergantian nama itu dilakukan setelah melakukan beberapa pertimbangan. Di antaranya, mempertimbangkan konstelasi politik serta konsolidasi yang dilakukan dalam rapat di Istana Negara.

“Perkembangan politik dinilai tidak lagi tepat menggunakan nama KIH,” katanya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.