Minggu, 19 September 21

Kiat Sukses BCA Jadi Bank Terbesar di Indonesia

Kiat Sukses BCA Jadi Bank Terbesar di Indonesia
* Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja (kedua dari kiri)

Jakarta, Obsessionnews – Membangun sebuah perusahaan bank hingga berkembang pesat di tengah persaingan yang sangat kompetitif, bukanlah perkara mudah. Salah satu bank yang terus berkembang adalah PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Didirikan pada 1957, BCA menjelma sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia dengan total aset yang dimiliki saat ini sebesar Rp552 triliun. (Baca: Ini Rahasia Sukses BCA (Bagian 1))

Apa kiat suksesnya? Kiat suksesnya adalah BCA memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. BCA selalu berusaha meningkatkan kapabilitas dan kemampuan SDM, baik melalui pelatihan profesional yang berkelanjutan maupun dengan merekrut staf berkualitas. (Baca: Ini Rahasia Sukses BCA (Bagian 2))

Kiat sukses lainnya adalah BCA menciptakan lingkungan dan budaya kerja yang positif dan nyaman. Hal ini akan memacu kinerja para karyawan yang berimplikasi kepada hasil bisnis perusahaan.

Berbagai upaya dilakukan BCA untuk menjaga lingkungan kerja yang positif. BCA berupaya menghasilkan dan mengembangkan para karyawan sebagai sumber daya perusahaan yang profesional dan memiliki kompetensi yang tinggi melalui berbagai program pengembangan, baik secara internal melalui Learning Center BCA, dan secara eksternal melalui pengiriman karyawan ke lembaga pelatihan di dalam maupun luar negeri. (Baca: Ini Rahasia Sukses BCA (Bagian 3))

BCA juga mengutamakan pengembangan karier karyawan serta memberikan kesempatan bagi para karyawan untuk dapat berkontribusi dan tumbuh bersama BCA. Selain itu, keseimbangan antara karier dan keluarga masing-masing karyawan juga menjadi perhatian khusus BCA dalam menciptakan lingkungan kerja yang positif. Sejumlah kegiatan dilakukan, seperti rekreasi bersama dan membentuk komunitas-komunitas aktivitas dan hobi agar para karyawan dapat menyalurkan bakat yang mereka miliki. Hal inilah yang menjadikan BCA sebagai tempat bekerja yang nyaman bagi seluruh karyawannya. (Baca: Ini Rahasia Sukses BCA (Bagian 4))

BCA menyadari semua strategi bisnis mengandalkan dukungan karyawan-karyawan yang berkualitas. “Untuk itu, BCA akan terus berupaya meningkatkan kompetensi SDM melalui coaching, pelatihan dan pembelajaran. Melalui langkah tersebut, kami berharap dapat memiliki SDM yang kompeten, berintegritas, dan sesuai dengan tata nilai BCA,” kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja. (Baca: Ini Rahasia Sukses BCA (Bagian 5 – Selesai))

Tahun 2015 BCA mendapat Gallup Great Workplace Award (GGWA) dari Gallup, perusahaan konsultasi strategis yang berbasis di Singapura. BCA merupakan perusahaan Indonesia yang pertama mendapat GGWA sejak acara itu digelar pada 2007.

GGWA merupakan apreasi terhadap perusahaan-perusahaan yang berhasil membangun lingkungan kerja yang positif dan produktif, sehingga berdampak kepada hasil bisnis perusahaan yang maksimal. Dari ribuan perusahaan di seluruh dunia yang memenuhi kriteria, hanya sekitar 5% perusahaan yang dianugerahi GGWA.

Tahun 2015 GGWA diikuti oleh berbagai perusahaan dari 38 industri, di mana sebagian besar di antaranya berasal dari industri perbankan dan healt care. Di tahun ini hanya 40 perusahaan yang memperoleh predikat ini, satu di antaranya adalah BCA. Penghargaan diserahkan Manajer Gallup Singapura dan Asia Tenggara Chee Tung Leong kepada Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta (9/6/2015). (Baca: Presdir BCA Raih ‘Best of the Best Individual Achievers bidang Ekonomi’)

Untuk dapat meraih penghargaan ini, perusahaan-perusahaan mengikuti Employee Engagement Survey dengan karyawan minimal 1.000 orang dengan response rate 80%. Perusahaan-perusahaan yang mendapatkan index rata-rata minimal 4.15 dari 5, berhak untuk masuk dalam nominasi penghargaan ini. (Baca: BCA Raih ‘Best Private Sector Achievers’)

BCA berhasil mengumpulkan response rate sebesar 97% dari dalam Team Engagement Survey yang mensyaratkan minimum response rate sebesar 80%. BCA juga berhasil mengumpulkan 90% workgroup yang mendapatkan index GrandMean di atas 4,15. Selain itu, berbagai program yang dilakukan perusahaan untuk mendorong kinerja bisnis juga indikator kemenangan BCA.

BCA masuk jajaran 10% perusahaan teratas di seluruh dunia dalam Basis Data Keterlibatan Karyawan Gallup, sekaligus jajaran 20% bank teratas di seluruh dunia dalam Basis Data Keterlibatan Pelanggan Keuangan dan Asuransi Gallup.

Sementara itu Direktur IT & Operasional BCA Armand Wahyudi Hartono mengatakan, kesuksesan BCA berkat peningkatan kinerja dengan cara menjadikan keterlibatan pelanggan dan karyawan sebagai kebiasaan. Kebiasaan adalah tindakan yang dilakukan tanpa pikiran sadar. Para karyawan, manajer, serta pemimpin di BCA telah menemukan cara untuk menjadikan keterlibatan pelanggan dan karyawan sebagai bagian fundamental dalam kehidupan kerja mereka. (bca/arh*)

Baca juga:

BCA Biayai Pengembangan Sektor Kelautan dan Perikanan

Tabungan Untuk Pelajar dari BCA

BCA Gelar ‘Wayang in Town – Journey in A Thousand Years’

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.