Rabu, 25 Mei 22

Khasiat Kangkung untuk Kecantikan dan Kesehatan

Khasiat Kangkung untuk Kecantikan dan Kesehatan
* Kangkung. (idnmedis)

Bukan hanya murah, kangkung menjadi salah satu jenis sayuran yang sangat mudah untuk dibudidayakan. Baik konvensional atau hidroponik, kangkung dapat tumbuh subur, dan berpotensi untuk dikembangkan.

Beberapa kandungan baik di dalamnya, termasuk air, protein, karbohidrat, serat, lemak, fosfor, kalsium, zat besi, natrium, kalium, zinc, beta-karoten, dan masih banyak kandungan baik lainnya.

Berkat kandungan baik tersebut, tidak mengherankan jika kangkung mampu menunjang kesehatan dan kecantikan tubuh. Jika rutin mengonsumsinya, berikut ini sejumlah manfaat kangkung yang dapat kamu rasakan:

1. Meningkatkan Kesehatan Mata

meningkatkan kesehatan mata
Manfaat kangkung yang pertama adalah meningkatkan kesehatan mata karena kandungan vitamin A di dalamnya. Vitamin ini terbukti efektif dalam melindungi kornea dan lapisan mata dari serangan bakteri dan virus.

2. Mencegah Penyakit Diabetes

mencegah diabetes
Mencegah penyakit diabetes menjadi manfaat kangkung selanjutnya. Kangkung bekerja sebagai antioksidan yang dapat menangkal oksidasi penyebab diabetes pada sel tubuh ibu hamil, juga janin dalam kandungan. Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait manfaat kangkung terhadap penyakit diabetes.

3. Mencegah Kerusakan Hati

mencegah kerusakan hati
Manfaat kangkung selanjutnya adalah mencegah kerusakan hati, luka, dan peradangan. Sayuran ini dinilai mampu memicu produksi enzim yang berguna untuk mendetoksifikasi hati dari zat sisa yang memicu kerusakan.

4. Mencegah Dehidrasi

mencegah dehidrasi
Sejumlah kandungan mineral seperti kalium dan natrium dalam kangkung dapat membantu tubuh untuk mencegah dehidrasi. Keduanya bertanggung jawab untuk menjaga kadar cairan dan elektrolit dalam tubuh.

5. Mengatasi Gejala Anemia

mengatasi gejala anemia
Manfaat kangkung yang terakhir adalah mengatasi gejala anemia, berkat kandungan zat besi dan fosfor di dalamnya. Zat besi mampu meningkatkan produksi sel darah merah yang diperlukan untuk mengangkut oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

Meskipun memiliki segudang manfaat baik, kangkung tidak boleh dikonsumsi oleh pengidap asam urat karena mengandung tinggi purin. Alih-alih mengonsumsi kangkung, kamu bisa melengkapi asupan nutrisi dengan mengonsumsi suplemen. (Halodoc/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.