Selasa, 7 Desember 21

Khasiat Jeruk Purut untuk Kesehatan

Khasiat Jeruk Purut untuk Kesehatan
* Jeruk purut. (idnmedis)

Ada berbagai jenis jeruk yang dikenal oleh masyarakat, mulai dari jeruk bali, jeruk nipis, hingga jeruk purut. Persamaan dari semua jenis jeruk ini memiliki rasa asam dan tinggi kandungan vitamin C di dalamnya.

Namun, jeruk purut biasanya digunakan sebagai tambahan perasa pada masakan sehingga jarang dikonsumsi secara langsung. Meskipun begitu, khasiat jeruk purut memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Bukan hanya untuk menjaga kesehatan fisik, tetapi juga menjaga kesehatan mental.

Kandungan Nutrisi dalam Jeruk Purut
Jeruk purut memiliki bentuk yang bulat dengan kulit berwarna hijau bertekstur, serta terkenal dengan rasanya yang asam. Masih termasuk kedalam jenis buah citrus, jeruk purut dikenal dengan kandungan vitamin C dan antioksidan yang sangat tinggi.

Tidak hanya vitamin C dan antioksidan, jeruk purut memiliki kandungan kalori, protein, lemak, serat, zat besi, kalsium, vitamin B6, thiamin, dan potasium. Selain itu, meskipun terbilang sedikit, tetapi jeruk purut juga memiliki kandungan folat, magnesium, riboflavin, niacin, dan fosforus.

Berbagai kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam jeruk purut membuat buah dengan ukuran kecil ini banyak dicari agar masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

Kenali Khasiat Jeruk Purut
Anda bisa mengonsumsi jeruk purut dengan mencampurnya dengan makanan atau minuman yang akan kamu konsumsi. Untuk itu, ketahui khasiat jeruk purut untuk kesehatan:

Meningkatkan Imunitas Tubuh
Jeruk purut memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C dalam tubuh berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini disebabkan vitamin C dapat memengaruhi produksi sel darah putih dalam tubuh yang bisa membantu tubuh melawan infeksi bakteri dan virus.

Selain itu, vitamin C juga mampu membantu tubuh dalam mempercepat penyembuhan luka dengan menstimulasi produksi kolagen.

Menjaga Kesehatan Jantung
Jeruk purut memiliki kandungan antioksidan yang tinggi didalamnya. Antioksidan dalam tubuh mampu meningkatkan kesehatan jantung. Antioksidan memiliki dampak yang baik bagi sistem kardiovaskular dengan memperlancar aliran darah dan menjaga arteri dari pembentukan plak.

Menjaga Kesehatan Kulit
Kandungan vitamin C dalam jeruk purut membantu tubuh dalam memproduksi kolagen. Kolagen adalah protein yang membuat kulit tetap sehat dan cerah.

Selain vitamin C, antioksidan dalam jeruk purut juga membuat kulit terhindar dari berbagai tanda penuaan dini.

Mencegah Batu Ginjal
Batu ginjal adalah materi keras yang menyerupai batu dan terbentuk akibat mineral dan garam dalam ginjal. Jeruk purut memiliki kandungan asam sitrat tinggi sehingga dapat mencegah batu ginjal dengan mengikat mineral pembentuk batu ginjal.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Beberapa jenis makanan sangat sulit dicerna oleh pencernaan. Namun, dengan menambahkan jeruk purut dalam makanan maupun minuman, kesehatan pencernaan dapat terjaga dengan baik. Hal ini disebabkan tingkat asam jeruk purut dinilai efektif untuk membantu sistem pencernaan dalam memecah dan mencerna makanan.(Halodoc/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.