Rabu, 17 April 24

Khashoggi Dibunuh, Kebebasan Pers Harus Dilindungi

Khashoggi Dibunuh, Kebebasan Pers Harus Dilindungi
* Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari.  (Foto: Edwin B/Obsession Media Group)

Jakarta, Obsessionnews.com – Dugaan wartawan harian Washington Post, Jamal Khashoggi, dibunuh di dalam gedung konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki,  telah memperkuat pembahasan mengenai kebebasan pers dan keselamatan wartawan di seluruh dunia. Kasus tersebut telah memicu kemarahan global yang dibarengi dengan tuntutan agar tewasnya Khashoggi diungkap kepada publik.

Jamal Khashoggi. (Foto: ews.sky.com)

Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari mengaku prihatin dengan kasus yang menimpa Khashoggi. Apalagi kasus pembunuhan itu terjadi di wilayah diplomatik dan konsuler.

“Diharapkan kasus segera terungkap agar publik mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Kasus ini perlu diungkap dengan jelas dan terang, serta disampaikan terbuka kepada media tanpa ada yang ditutupi,” kata Kharis dalam keterangan tertulisnya yang diterima Obsessionnews.com,  Senin (22/10/2018).

Menurutnya, dengan pengungkapan kasus pembunuhan itu, pemerintah Turki dan Arab Saudi bisa menindaklanjutinya dengan langkah-langkah hukum yang berlaku di wilayah masing-masing.

Berkaca dari kasus terbunuhnya Khashoggi, Kharis juga menyoroti perihal kebebasan pers. Menurutnya, kerja jurnalis harus dilindungi, termasuk keselamatan jurnalis itu sendiri.

“Semua pihak perlu untuk melindungi dan menjaga kebebasan pers dan keselamatan wartawan di seluruh dunia,” tegas Kharis. (arh)

 

Baca juga:

Gara-gara Kematian Khashoggi, Jerman Beri Sanksi Kepada Arab Saudi

Menantu Presiden Trump Terlibat Pembunuhan Khashoggi

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.