Jumat, 26 April 24

Kharis Apresiasi Keberhasilan Indonesia Desak DK PBB Terkait Pemukiman Israel Ilegal di Palestina

Kharis Apresiasi Keberhasilan Indonesia Desak DK PBB Terkait Pemukiman Israel Ilegal di Palestina
* Wakil Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari. (Foto: dok. pribadi)

Jakarta, Obsessionnews.com Kementerian Luar Negeri Indonesia berhasil mendesak Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menegaskan status ilegal pemukiman Israel di Palestina. Desakan yang dilakukan Indonesia berupa negosiasi panjang, yang dilakukan saat pertemuan DK PBB Palestina di New York, Rabu (20/11/2019). Hal itu mendapat apresiasi dari Wakil Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari

“Saya mengapresiasi keberhasilan lobi tim Kementerian Luar Negeri Indonesia di Dewan Keamanan PBB. Segala tindakan kejahatan Israel di sana tidak dibenarkan sama sekali. Pembangunan pemukiman di wilayah pendudukan Palestina dan diakui sepihak oleh Amerika jelas menohok akal sehat kita, Alhamdulillah 10 Anggota tidak tetap DK PBB masih punya hati nurani dan akal sehat, hormat kami untuk semua,” tutur Kharis dalam keterangan tertulis yang diterima obsessionnews.com, Jumat (22/11/2019).

Hal tersebut merupakan kali pertama setelah sekian lama Presiden DK PBB gagal diberikan mandat untuk berbicara atas nama DK terkait isu Palestina. Atas dorongan Indonesia, sepuluh anggota tidak tetap DK PBB mengeluarkan pernyataan bersama untuk menghentikan pembangunan tersebut. Setelah berhasil mendorong dikeluarkannya status ilegal dan pernyataan bersama, Indonesia juga mendesak Israel untuk menghentikan kekerasan yang telah memakan banyak korban jiwa.

Sebagai anggota DPR dari Fraksi PKS yang peduli terhadap Palestina, Kharis juga meminta agar pemerintah di tanah air perlu melakukan penggalangan dana bantuan untuk meringankan beban korban serangan Israel dan mengimbau masyarakat Indonesia untuk memberi bantuan material dan spiritual kepada korban serangan Israel ini melalui lembaga resmi.

“Di samping amanah konstitusi memperjuangkan kemerdekaan Palestina perlu langkah bersama menggalang solidaritas. Sebagai umat Islam kita harus membantu meringankan dan dengan segala daya upaya kita untuk menolong rakyat Palestina baik material maupun moril, Pemerintah Indonesia bahu membahu bersama Rakyat Indonesia salurkan bantuan untuk Rakyat Palestina,” tegasnya. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.