Jumat, 30 September 22

Ketua MPR: Korban Tragedi Mina Tak Cukup Diganti Uang

Ketua MPR: Korban Tragedi Mina Tak Cukup Diganti Uang

Jakarta, Obsessionnews – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyampaikan duka yang mendalam atas tragedi Mina yang menewaskan 769 jamaah haji dari berbagai negara. Termasuk salah salah satunya jamaah haji dari Indonesia. Peristiwa tersebut membawa luka yang mendalam bagi keluarga dan pemerintah.

Untuk itu, Zulkifli meminta kepada pihak Arab Saudi untuk mengevaluasi kembali ‎aturan ibadah haji untuk negara-negara Muslim. Pasalnya, jumlah kuota ibadah haji yang begitu banyak, menjadi salah satu penyebab pelaksanaan ibadah haji selalu memakan korban.

“Ini saya kira memberikan pelajaran penting agar penyelenggaraan ibadah haji oleh pemerintah Arab Saudi sungguh-sungguh dievaluasi, bila perlu menyertakan negara-negara Islam lainnya dibatasi,” ujarnya di DPR, Senin (28/9/2015).

Ketua Umum Partai Amanat Nasional(PAN) itu juga mengatakan, bahwa Pemerintah Arab Saudi tidak hanya selalu fokus pada pembangunan masjid di sekitar Mekah, ataupun ditempat-tempat pelaksanaan haji, melainkan dampak dari membludaknya jamaah haji juga harus di pikirkan tangung jawabnya.

Lebih jauh, Zulkifli juga meminta segera dilakukan penyelidiki secara menyeluruh, untuk mengatahui penyebab pasti musibah tersebut. Jangan sampai, kata dia, kejadian itu selalu terulang setiap tahunnya.

‎”Kita minta agar ini dilakukan proses penyelidikan segera oleh pemerintah Arab Saudi, kan tidak cukup diganti uang, nanti kejadian begitu lagi-begitu lagi, masalahnya apa, dan siapa yang harus bertanggung jawab,” jelasnya.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.