Jumat, 7 Agustus 20

Ketua DPR: Soal Budi Gunawan, Tugas Kami Sudah Selesai

Ketua DPR: Soal Budi Gunawan, Tugas Kami Sudah Selesai

Jakarta – Setelah Komisaris Jenderal (Komjen) Budi Gunawan ditetapkan sebagai Kapolri dalam sidang Paripurna DPR RI, Kamis (15/1/2015). Ketua DPR Setya Novanto mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo untuk menindaklanjuti pengangkatan Budi apakah jenderal bintang tiga itu akan dilantik atau tidak.

Menurut Setya, tugas DPR sudah selesai untuk melakukan uji kelayakan dan kepatutan kepada Budi Gunawan sesuai dengan mekanisme yang diatur dalam undang-undang, sampai akhirnya DPR memutuskan dan penetapan Budi sebagai Kapolri melalui rapat sidang Paripurna.‎

“Tugas kami sudah selesai, tentunya kita serahkan kepada Presiden,” ujar Setya di DPR, Jumat (16/1/2015).

Politisi Partai Golkar itu menyadari, Presiden saat ini tengah berada dalam posisi yang delematis. Sebab, calon Kapolri pilihannya kini sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Ia berharap Presiden bisa membuat keputusan sebijak mungkin untuk bisa mengakomodir pihak-pihak yang punya kepentingan dibalik kasus ini.

Saat ini, kata Setya DPR masih menunggu hasil akhir yang akan diputuskan oleh Presiden Jokowi‎ apakah akan melantik Budi atau tidak. Yang pasti kata Setya, apapun keputusannya DPR akan tetap menghormati. “Tunggu saja perkembangannya, tentu apa yang diputuskan Presiden akan kita hormati dan kita apresiasi. Kita tunggu kebijakan presiden, meskipun kita tahu tersangka, kita juga hormati KPK. Tunggu, sabar,” tuturnya. (Albar)

Related posts