Jumat, 21 Juni 24

Wah, Parpol Akan Dikasih Duit APBN Rp1 Triliun per Tahun

Wah, Parpol Akan Dikasih Duit APBN Rp1 Triliun per Tahun

Jakarta, Obsessionnews – Ketua DPR RI Setya Novanto mendukung wacana dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo tentang pemberian dana Rp1 triliun setiap tahun untuk partai politik (parpol). Menurutnya, persoalan memang harus diatur secara jelas agar dana yang akan dipakai parpol tidak membebani masyarakat.

“Sepanjang tak beratkan kepentingan rakyat, ada program yang harus kita siapkan. Mudah-mudahan ada jalan keluar dan memang harus dicarikan jalan,” kata Setya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (9/3/2015).

Politisi Partai Golkar ini mengaku semua partai politik belakangan punya akar masalah yang sama dalam hal pendanaan. Karena itu, kata dia dana parpol perlu disikapi dengan positif agar fungsi partai politik dalam menjalankan programnya tidak selalu terhambat dengan minimnya anggarannya.

Menurutnya, ‎pemberian dana untuk parpol yang diambil dari APBN bisa menjadi jalan keluar atas persoalan tersebut. Hanya saja, mengenai besaran anggarannya kata dia, masih perlu dikaji lagi apakah cukup dengan Rp1 triliun atau lebih. Masing-masing perlu disesuai dengan kebutuhan parpol.

“Kalau semua sudah terjalin dalam hal pendanaan yang jelas akan lebih memudahkan,” ucap dia.

Sebelumnya, Mendagri Tjahjo Kumolo mewacanakan anggaran parpol Rp 1 triliun yang bersumber dari APBN. Tujuannya, guna meningkatkan transparasi dan demokrasi. Tjahjo berharap wacana itu mendapat dukungan dari DPR dan elemen masyarakat pro demokrasi.

‎”Hal ini perlu karena partai politik merupakan sarana rekrutmen kepemimpinan nasional dalam negara demokratis. Namun, persyaratan kontrol terhadap partai harus ketat dan transparan,” katanya.

Menurutnya, parpol memerlukan dana untuk melakukan persiapan dan melaksanan pemilu serta melakukan pendidikan kaderisasi dan program operasional. Anggaran untuk parpol nantinya akan diatur dengan jelas termasuk dalam segi pengawasan. Sehingga kata dia, bila ada parpol yang menyalahgunakan anggaran tersebut akan mendapat sanksi yang tegas. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.