Rabu, 1 Desember 21

Ketua DPD RI Irman Gusman Resmi Tersangka

Ketua DPD RI Irman Gusman Resmi Tersangka
* Konferensi pers KPK.

Jakarta, Obsessionnews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan ketua DPD RI, Irman Gusman sebagai tersangka. Irman diduga menerima suap sebesar Rp 100 juta terkait rekomendasi kepada Bulog untuk menambah kuota impor gula di Provinsi Sumatera Barat tahun 2016.

“Setelah diperiksa, KPK gelar perkara dan meningkatkan status ke penyidikan sejaan dengan penetapan tersangka,” ujar Ketua KPK, Agus Rahardjo dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta, Sabtu (17/9/2016).

Sebagai penerima suap, Irman disangka melanggar Pasal 12 huruf a, b atau pasal 11 Undang-undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidan korupsi.

KPK menangkap Irman di rumah dinasnya di Jalan Denpasar, Kuningan, Jaksel, Sabtu (17/9/2016) pukul 00.30 WIB. Di dalam kamar  Irman KPK menemukan barang bukti uang Rp 100 juta dalam bungkusan. Uang itu merupakan pemberian dari Xaveriandy Susanto, Dirut CV Semest Berjaya.

Agus menjelaskan uang itu diberikan agar Irman membuat surat rekomendasi kepada Bulog untuk menambah kuota impor gula di wilayah Sumbar.

Selain Irman, KPK juga menetapkan pengusaha Xaveriandy Susanto, istrinya Memi dan jaksa pada Kejaksaan Negeri Padang, Sumbar ditetapkan sebagai tersangka. Ketiga tersangka terakhir sebaga penyuap Irman Gusman. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.